Sukses

Health

9 Makanan Penyebab Leukemia yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Sel darah putih atau yang disebut dengan leukosit, merupakan sel yang bisa membentuk komponen darah. Sel darah ini memiliki fungsi yang bisa membantu menjaga sistem imun tubuh, dan juga membantu melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Jika produksi sel darah putih berlebihan, maka bisa menyebabkan penyakit leukemia atau kanker sel darah. Hal ini disebabkan karena produksi sel darah putih berlebihan, bisa merusak fungsi sel darah putih yang melawan virus di dalam putih. Penyakit kanker ini bisa menyerang anak-anak maupun orang dewasa.

Produksi sel darah putih yang abnormal ini, bisa disebabkan karena faktor keturunan maupun faktor gaya hidup yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan penyebab kanker. Jika penyebabnya tidak dihindari, penyakit leukemia akan menyebabkan komplikasi penyakit yang berbahaya. Untuk itu, berikut makanan penyebab leukemia yang harus dihindari:

Makanan Penyebab Leukemia

1. Daging Olahan

Makanan penyebab leukemia yang pertama adalah daging olahan. Walaupun daging olahan memiliki rasa yang enak dan mudah dimasak, tapi sebaiknya jangan dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Di dalam daging olahan memiliki kandungan sodium nitrit dan nitrat. Kandungan tersebut dapat mengkonversi menjadi nitrosamin di dalam tubuh, yang merupakan pembentuk sel kanker. Selain itu, daging olahan seperti sosis dan nugget, memiliki kandungan pengawet yang tidak baik untuk tubuh.

2. Keripik Kentang

Keripik kentang adalah makanan ringan yang bisa dijadikan sebagai camilan. Keripik kentang memiliki rasa yang enak dan gurih. Keripik kentang bisa menyebabkan leukemia karena memiliki kandungan gula, garam dan lemak yang tinggi. Sehingga keripik bisa mengganggu sistem produksi sel darah putih. Sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi keripik, agar tidak menyebabkan kanker.

3. Makanan Terlalu Manis

Makanan terlalu manis adalah makanan yang memiliki kandungan gula olahan atau gula tambahan. Makanan ini bisa membuat penyakit leukemia menjadi semakin parah. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan terlalu manis, maka infeksi yang terjadi di dalam tubuh akan susah untuk sembuh.

Makanan Penyebab Leukemia

4. Makanan Berlemak

Makanan penyebab leukemia yang selanjutnya adalah makanan berlemak. Makanan berlemak memiliki kandungan lemak jenuh, yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, dan bisa merusak sel darah putih dan sel lainnya. Untuk mencegah penyakit leukemia, sebaiknya hindari makanan berlemak seperti kentang goreng, junk food, atau fast food.

5. Produk Olahan Susu Sapi

Walaupun produk olahan susu sapi memiliki kandungan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi sebaiknya hindari mengonsumsi produk olahan susu jika memiliki riwayat penyakit leukemia. Produk olahan susu memiliki kandungan lemak jenuh, yang membuat peradangan susah sembuh.

6. Makanan Asin

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin bisa meningkatkan kadar garam di dalam tubuh, yang menyebabkan produksi sel darah putih menjadi tidak normal. Garam bisa membuat penyakit leukemia semakin parah, dan sistem pencernaan menjadi terganggu. Tingginya kandungan garam juga berpotensi menyebabkan komplikasi penyakit lainnya, yang menyebabkan kematian.

Minuman Penyebab Leukemia

7. Minuman Bersoda

Selain makanan, mengonsumsi minuman bersoda juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker, seperti kanker sel darah putih atau leukemia. Karena minuman bersoda memiliki kandungan yang tinggi gula dan karbohidrat olahan. Terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda bisa menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh, menyebabkan obesitas dan produksi sel darah putih meningkat.

8. Minuman Beralkohol

Pada dasarnya minuman beralkohol memang tidak baik untuk tubuh, karena bisa merusak sistem imunitas tubuh dan menyebabkan kerusakan otak. Di dalam alkohol juga mengandung banyak gula tambahan, yang menyebabkan penyakit alcoholic fatty liver disease. Bila mengonsumsi alkohol terus menerus, akan berisiko terkena kanker leukemia dan kanker lainnya.

9. Kafein

Penyebab leukemia yang terakhir adalah mengonsumsi kafein. Kafein bisa menyebabkan detak jantung lebih cepat dari biasanya. Bahkan kafein bisa meningkatkan sel darah merah dan sel darah putih di dalam tubuh. Selain itu, kafein juga bisa menyebabkan tubuh dehidrasi dan tubuh menjadi lemah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading