Sukses

Health

Benarkah Cuaca Dingin Bikin Berat Badan Turun? Ini Kata Penelitian

Fimela.com, Jakarta Ketika berat badan turun, hampir semua orang senang akan hal ini. Untuk menurunkan berat badan pasalnya bukan perkara mudah. Kita perlu melakukan diet, olahraga lebih teratur dan lebih menjaga pola makan. Namun Sahabat Fimela, penelitian terbaru menemukan jika berat badan bisa turun pada cuaca dingin. Beberapa orang juga percaya mengenai hal ini. 

Melansir dari laman Liputan6.com, DR Stuart Farrimond, seorang dokter yang juga penulis buku kesehatan berjudul The Science Of Living menjelaskan bahwa pada suhu dingin, lemak dalam tubuh terbakar seperti dalam tungku mini. Saat suhu dingin tubuh mengalami kenaikan suhu dan ini bisa membakar kalori lebih banyak. Meski sangat memungkinkan suhu dingin bisa membakar lemak, jangan gembira dulu soal ini. 

Cuaca Dingin Meningkatkan Nafsu Makan

“Belum ada studi jangka panjang yang menyangkal pernyataan suhu dingin bisa menurunkan berat badan. Tapi, pada suhu dingin insting seseorang menyuruh mereka makan lebih banyak. Ini jelas menghalangi seseorang untuk mengalami penurunan berat badan.” Jelas Farrimond. 

Suhu dingin ternyata meningkatkan nafsu makan yang membuat seseorang bisa lebih banyak makan dan meningkatkan kenaikan berat badan. Penelitian menemukan jika pada suhu dingin atau cuaca dingin umumnya seseorang terdorong untuk makan lebih banyak. Umumnya seseorang juga akan makan makanan yang kaya kalori serta lemak demi membuat suhu tubuh selalu pada suhu normal. 

Turunkan Berat Badan dengan Diet

Penelitian pada tahun 2016 bahkan menemukan jika suhu dingin yang umumnya bertepatan dengan hari-hari perayaan besar memungkinkan seseorang makan lebih banyak dan bukannya berat badannya turun tapi justru sebaliknya berat badannya naik. 

Jika ingin menurunkan berat badan, yang paling penting adalah menerapkan pola hidup sehat, kurangi konsumsi lemak, olahraga cukup dan miliki gerak tubuh cukup. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading