Sukses

Health

Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi agar Terhindar dari Karang Gigi

Fimela.com, Jakarta Gigi merupakan salah satu bagian krusial manusia yang berfungsi untuk menghancurkan makanan supaya dapat ditelan dan mudah dicerna oleh pencernaan tubuh. Sama seperti bagian tubuh lainnya, gigi juga membutuhkan perawatan dan diperhatikan supaya tetap sehat. Terdapat beberapa kondisi yang dapat menyerang gigi dan jika semakin parah akan merusak dan menyakiti gigi dan gusi. Salah satunya adalah karang gigi.

Karang gigi atau istilah medisnya dental calculus merupakan lapisan keras dengan tekstur kasar yang menempel atau mengeras pada permukaan gigi. Karang gigi ini biasanya memiliki warna kecoklatan dan jika sudah menempel maka akan sulit untuk dibersihkan dari gigi.

Karang gigi biasannya akan tumbuh pada area leher gigi atau di sekitar batas antara gigi dengan gusi. Biasanya, karang gigi muncul dengan dibarengi adanya stain atau noda pada gigi yang biasanya berwarna kecoklatan.

Penyebab dan terbentuknya karang gigi

Karang gigi terbentuk dari plak yang ada di permukaan gigi yang sudah lama tidak hilang atau tidak dibersihkan. Mineral dalam rongga mulut akan mempengaruhi pengendapan plak tersebut. Plak tersebut kemudian terus menumpuk dan mengeras dan kemudian disebut dengan istilah karang gigi atau dental calculus.

Cara mencegah pertumbuhan karang gigi

Terdapat beberapa cara mudah dan sederhana yang perlu dilakukan untuk mencegah pertumbuhan karang gigi pada leher gigi. Yang pertama adalah dengan rajin membersihkan rongga mulut, terutama permukaan gigi dan gusi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menggosok gigi secara rutin dan benar. Cara menggosok gigi yang benar adalah dengan menggosok perlahan seluruh permukaan gigi dan bagian leher gusi dengan gerakan memutar. Pilihlah sikat gigi dengan brush yang halus sehingga tidak melukai gusi. 

Yang kedua adalah dengan menggunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi dengan rajin, sehingga dapat mengurangi plak di sela-sela gigi. Yang ketiga adalah mengunyah dengan seimbang antara bagian kanan dan bagian kiri mulut. Yang keempat adalah dengan membiasakan diri berkumur dengan air putih setelah mengkonsumsi makanan atau minuman.

Jika karang gigi atau dental calculus tersebut sudah bersarang di leher gigi, segera kunjungi dokter gigi untuk melakukan scaling atau pembersihan karang gigi. Karena selain karang gigi tersebut merusak gigi dan gusi yang tentunya menimbulkan rasa sakit, karang gigi juga dapat menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading