7 Penyebab Kulit Bintik Merah dan Gatal yang Harus Diwaspadai

Kezia Prasetya Christvidya25 Nov 2022, 13:05 WIB
Diperbarui 25 Nov 2022, 13:05 WIB
kulit-kezo

Fimela.com, Jakarta Ada banyak faktor yang menyebabkan gangguan pada kulit. Salah satunya adalah munculnya bintik merah pada kulit. Kondisi ini bisa menyebabkan kulit gatal dan mengganggu penampilan. Sehingga penyebab kulit bintik merah ini harus diwaspadai.

Bintik merah pada kulit merupakan suatu gejala yang muncul, karena adanya infeksi pada kulit. Kondisi ini bisa menular dan tidak menular, tergantung dari penyebabnya. Bintik merah yang muncul bisa membekas di kulit dan menyebabkan ruam kulit.

Kulit yang mengalami bintik merah dan gatal dapat diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan tentu saja kondisi ini harus dikonsultasikan pada dokter. Sahabat Fimela juga bisa mencegah kondisi ini dengan melakukan pola hidup sehat dan bersih. Berikut penyebab kulit bintik merah dan gatal yang harus diwaspadai:

Penyebab Kulit Bintik Merah dan Gatal

kulit-kezo
ilustrasi Penyebab Kulit Bintik Merah dan Gatal/Dragana Gordic/shutterstock

1. Jerawat

Penyebab kulit bintik merah dan gatal yang pertama adalah jerawat. Tak hanya muncul di wajah, jerawat juga bisa muncul di area punggung dan memunculkan bintik-bintik kemerahan di area tersebut. Peradangan jerawat ini biasanya disebabkan karena kondisi kulit berminyak, yang mengakibatkan pori-pori tersumbat dan terinfeksi bakteri penyebab jerawat. Jerawat dapat disembuhkan dengan menggunakan krim atau obat khusus jerawat yang mengandung retinol, benzolac peroxide, sulfur, AHA dan BHA.

2. Biang Keringat

Biang keringat sering kali muncul pada kulit anak-anak. Kondisi ini juga bisa dialami orang dewasa, akibat keringat terjebak di bawah lapisan kulit. Bintik merah yang muncul karena biang keringat, menyebabkan rasa gatal dan perih. Jika bintik merah ini digaruk, maka akan menyebar dan menyebabkan peradangan pada area lainnya. Biang keringat dapat diatasi dengan rajin mandi, mengganti pakaian yang basah karena keringat, serta mengoleskan salep anti gatal.

3. Infeksi Jamur

Bintik merah dan gatal yang muncul di kulit juga bisa disebabkan karena infeksi jamur. Jamur akan berkembangbiak dengan pesat pada area yang lembap. Salah satu jamur yang muncul di kulit adalah jamur Candida, yang biasanya muncul pada area ketiak, selangkangan, di bawah payudara, sudut mulut, atau di sela-sela jari. Gunakan obat jamur untuk menghilangkan jamur pada kulit.

Penyebab Kulit Bintik Merah dan Gatal

kulit-kezo
ilustrasi Penyebab Kulit Bintik Merah dan Gatal/nednapa/shutterstock

4. Kudis

Kudis atau scabies adalah salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya bintik merah dan gatal pada area tertentu. Kondisi ini disebabkan karena kutu Sarcoptes scabiei var. hominis yang bertelur di kulit. Kudis bisa sembuh selama 1 hingga 2 bulan, dengan penyembuhan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Jangan lupa untuk mandi dengan air hangat, karena kutu ini tidak bisa hidup pada suhu 50°C.

5. Sifilis

Waspadai penyakit sifilis yang menyebabkan munculnya bintik merah di kulit. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual, dan terkena cairan tubuh dari seseorang yang memiliki infeksi Treponema pallidum. Tak hanya bintik merah, penyakit ini juga ditandai dengan munculnya bercak putih di sekitar mulut, kutil di daerah selangkangan, demam, penurunan berat badan dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Penyebab Kulit Bintik Merah dan Gatal

kulit-kezo
ilustrasi Penyebab Kulit Bintik Merah dan Gatal/Pixel-Shot/shutterstock

6. Folikulitis

Folikulitis adalah infeksi kulit yang terjadi di sekitar kulit kepala. Penyakit kulit ini menyebabkan timbulnya bintik merah, yang diakibatkan karena salah menggunakan produk perawatan rambut, terkena cukur rambut, dan sering menggunakan air panas. Folikulitis bisa disebabkan karena infeksi Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Malassezia folliculitis, Pseudofolliculitis barbae, dan Sycosis barbae. Tak hanya di kulit kepala saja, folikulitis juga bisa muncul pada area tubuh lainnya yang terdapat rambut.

7. Cacar Air

Penyebab kulit bintik merah dan gatal yang terakhir adalah karena cacar air. Cacar air sangat berbahaya dan bisa menular. Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi virus varicella-zoster. Gejala yang dialami selain muncul bintik merah adalah demam, nafsu makan menurun, dan tubuh mudah lelah.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela