Sukses

Health

7 Makanan Penyebab Keracunan Kandungan yang Membahayakan Janin

Fimela.com, Jakarta Pada saat mengalami masa kehamilan, ibu hamil harus memperhatikan kesehatan kandungan dengan benar. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menjaga pola makan, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Karena salah mengonsumsi makanan bisa menjadi penyebab keracunan kandungan.

Keracunan kandungan sering disebut dengan istilah preeklamsia. Keracunan kandungan ini sering terjadi pada akhir semester kedua atau ketiga, dengan gejala yang tidak pasti. Tentu saja keracunan kandungan ini sangat berbahaya bagi keselamatan janin dalam kandungan.

Seseorang yang berisiko terkena keracunan kandungan adalah orang yang hamil diusia kurang dari 20 tahun atau lebih dari 40 tahun, memiliki riwayat penyakit tertentu, mengalami obesitas, dan adanya faktor keturunan dari keluarga. Pada dasarnya, makanan penyebab keracunan kandungan adalah makanan yang terkontaminasi bakteri Listeria, Salmonella, Toksoplasma dan E. coli. Berikut makanan penyebab keracunan kandungan:

Makanan Penyebab Keracunan Kandungan

1. Daging Mentah

Makanan penyebab keracunan kandungan yang pertama adalah daging mentah. Ibu hamil sangat tidak dibolehkan mengonsumsi daging mentah. Karena di dalam daging mentah terkandung bakteri salmonella, E. coli, dan yersinia. Sebaiknya masaklah daging hingga matang, dan pilih daging yang masih segar sebelum dikonsumsi.

2. Produk Susu Mentah

Ternyata ada banyak produk susu yang dijual mentah, serta tidak melalui proses pasteurisasi sebelum disajikan. Produk susu mentah terkontaminasi oleh bakteri Listeria campylobacter, E. coli, dan salmonella yang menyebabkan keracunan kandungan. Bakteri tersebut juga bisa menyebabkan produk susu mentah seperti keju mentah, yogurt dan es krim menjadi cepat basi.

3. Sayur dan Buah

Sayur dan buah adalah makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral, yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Tetapi ada baiknya mengonsumsi sayur dan buah yang sudah dicuci hingga bersih. Sayur dan buah yang tidak dicuci bersih sudah terkontaminasi oleh residu pestisida, bakteri salmonella, Listeria campylobacter, dan E. coli. Pastikan membeli sayur dan buah segar di pasar yang terjaga kebersihannya.

4. Telur

Walaupun telur memiliki kandungan protein yang baik untuk kesehatan, tetapi di dalam telur juga terkandung bakteri salmonella. Masaklah telur hingga matang, agar tidak menyebabkan keracunan makanan. Sahabat Fimela juga bisa memilih telur yang kulitnya masih bagus, dan tidak terdapat bintik-bintik merah pada bagian putih telur.

Makanan Penyebab Keracunan Kandungan

5. Makanan Laut

Perhatikan dengan baik saat membeli makanan laut. Karena makanan laut sering kali menjadi penyebab alergi, yangsangat berisiko untuk ibu hamil mengalami keracunan kandungan. Di dalam makanan laut terkandung banyak bakteri penyebab keracunan kandungan. Untuk itu, lebih baik hindari makanan laut terlebih dahulu saat hamil, seperti udang, kepiting, kerang, tiram, dan kerang.

6. Tepung Mentah

Dalam membuat makanan yang berbahan tepung, sebaiknya hindari mencicipi makanan tersebut sebelum dimasak dengan matang. Karena tepung mentah mengandung bakteri salmonella, sehingga menyebabkan keracunan kandungan. Ada baiknya menghindari makanan bertepung saat sedang hamil.

7. Alkohol

Terakhir, alkohol dapat menyebabkan keracunan kandungan dan menjadi penyebab keguguran. Kandungan alkohol yang sangat keras ini, sangat berbahaya bagi perkembangan janin, yang membuat kematian mendadak dan menyebabkan hilang kesadaran. Alkohol bisa terdapat makanan seperti tape, duren dan makanan fermentasi lainnya.

Cara Mengatasi Keracunan Kandungan

Keracunan kandungan harus diwaspadai, karena berdampak buruk bagi kesehatan janin. Keracunan kandungan juga bisa menyebabkan ibu hamil menjadi dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini sangat berisiko keguguran atau kematian mendadak pada janin.

Kondisi ini dapat diatasi dengan berkonsultasi secara langsung pada dokter. Sehingga dokter akan memberikan penanganan dan pengobatan yang tepat. Dokter juga akan memberikan cara mudah untuk mengatasi hal tersebut, saat keracunan kandungan terjadi mendadak.

Untuk mencegah terjadinya keracunan kandungan, pastikan untuk melihat tanggal kedaluwarsa dari makanan tersebut. Sahabat Fimela harus mencuci bahan makanan hingga bersih, kemudian masak makanan hingga matang. Jangan lupa untuk rajin mengonsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi saat keracunan kandungan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading