Sukses

Health

5 Cara Buka Puasa yang Baik agar Berat Badan Tidak Gampang Naik

Fimela.com, Jakarta Buka puasa menjadi waktu makan yang pasti paling ditunggu-tunggu selama menjalani puasa Ramadan. Tapi buka puasa sembarangan pasti berisiko besar menyebabkan masalah pencernaan hingga berat badan naik. Jika tak ingin ini terjadi selama menjalani ibadah puasa, sekian cara ini perlu dilakukan sehingga berat badan tidak gampang naik.

1. Minum cukup air putih

Sepanjang hari tubuh pasti mengalami dehidrasi, akan lebih baik jika berbuka puasa dengan cukup minum air putih terlebih dahulu. Minumlah 1–2 gelas air hangat sebelum makan dan jangan langsung menyantap makanan berat. Izinkan perut untuk beradaptasi terlebih dahulu karena seharian tidak diisi makanan. Cara ini sekaligus bisa mengurangi keinginan makan makanan yang mengandung banyak gula dan kalori.

2. Buka puasa dengan kurma

Jika memungkinkan, setelah minum air putih ambil 3-4 buah kurma untuk memenuhi keinginan makan makanan manis. Seringkali dorongan ingin makan berlebih dipicu oleh kondisi tubuh kekurangan gula darah. Namun langsung makan apa saja juga tak baik karena membuat gula darah langsung melonjak. Netralkan keinginan makan berlebih dengan makan kurma.

3. Makan sup

Daripada makan makanan kering, menu makanan berkuah seperti sup dianggap lebih baik untuk membantu melancarkan pencernaan. Makan sup akan membantu menghidrasi tubuh. Makan makanan berkuah juga sekaligus membantu membuat perut cepat kenyang sebelum bisa makan lebih banyak makanan sehingga tubuh tidak mengonsumsi kalori berlebih.

4. Makan sayuran

Ini adalah makanan wajib selama buka puasa. Lebih banyaklah makan sayuran karena kaya serat sekaligus vitamin dan mineral yang membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Serat pada sayuran juga memberikan rasa kenyang lebih awet sehingga mencegahmu makan berlebihan saat buka puasa.

5. Pilih karbohidrat yang baik

Makanan berbuka puasa harus mengandung karbohidrat yang baik, terutama karbohidrat kompleks seperti beras merah, pasta gandum, kentang dan oats. Karbohidrat kompleks menyediakan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan selain serat dan mineral dari makanan.

6. Protein rendah lemak

Jangan lupa juga memasukkan bahan makanan kaya protein tapi rendah lemak pada santapan berbuka seperti tahu, tempe, dada ayam, telur, ikan dan daging tanpa lemak. Selain karbohidrat kompleks, protein juga mmebantu membuat perut kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan.

Ini sekian cara buka puasa yang sehat agar berat badan tidak cepat naik.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading