Sukses

Health

Lakukan Teknik Ini untuk Jaga Kadar Cairan dalam Tubuh Selama Puasa

Fimela.com, Jakarta Saat menjalankan ibadah puasa, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah menjaga kadar cairan dalam tubuh. Cairan adalah salah satu penunjang kehidupan manusia karena kinerja berbagai sel, jaringan, dan organ tubuh manusia bergantung pada kadar cairan tubuh. Saat kadar cairan dalam tubuh kurang, maka kinerja sel, jaringan, dan organ dalam tubuh manusia tidak akan berjalan optimal.

Walaupun begitu, hal tersebut tidak boleh menjadi penghambat kita dalam melakukan ibadah puasa. Berikut adalah teknik yang dapat dilakukan selama puasa untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh.

Teknik 2-4-2

1. Dua gelas air putih saat berbuka

Setelah menjalankan puasa selama 13 jam, ada baiknya kita membatalkan puasa dengan air putih terlebih dahulu sebelum berlanjut ke makanan lainnya. Mengonsumsi setidaknya dua gelas air putih secara berkala sebelum makan besar dapat mengganti kadar cairan yang hilang setelah seharian menjalankan ibadah puasa. 

2. Empat gelas air putih saat makan malam

Setelah makan besar, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih lagi setidaknya empat gelas. Konsumsi air putih ini juga dapat dilakukan secara berkala hingga sebelum tidur. Meminum air putih sebelum dan sesudah makan dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Selain itu, mengonsumsi air putih sebelum tidur dapat membantu menjaga kadar cairan dalam tubuh selama beristirahat di malam hari.

3. Dua gelas air putih saat sahur

Saat sahur, kamu harus memperhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi agar kamu memiliki cukup energi untuk menjalankan ibadah puasa. Untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh selama berpuasa, kamu bisa mengonsumsi setidaknya dua gelas air putih saat sahur. Saat kebutuhan tubuhmu akan cairan terpenuhi, maka kamu bisa menjalankan ibadah puasa dengan optimal.

Minuman Selain Air Putih

Kadar cairan dalam tubuh tidak hanya berasal dari air putih, tetapi juga dari makanan yang kita konsumsi dan jenis minuman lainnya. Kamu juga bisa mengonsumsi minuman lain selain air putih untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh. Air kelapa, teh manis, madu, dan jus buah adalah beberapa jenis minuman yang sangat bagus dikonsumsi pada bulan puasa karena dapat menjaga kadar cairan dalam tubuh serta menjaga kesehatan tubuh. Walaupun begitu, konsumsi air putih saat bulan puasa sangat dianjurkan mengingat banyaknya manfaat air putih bagi tubuh, seperti melancarkan pencernaan, menjaga kelembapan kulit, dan lain-lain.

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading