Sukses

Health

Penjelasan Dokter Jika Stres dapat Memengaruhi Siklus Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Saat ini baik pria maupun perempuan sangat rentan mengalami stres, apalagi dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang membuat kita harus beradaptasi. Misalnya bekerja di rumah dengan waktu tak menentu hingga mendampingi anak sekolah di rumah.

Sayangnya, dr. Bram Pradipta Sp.OG mengatakan jika stres tidak dikelola dengan bagi akan berdampak buruk pada kualita kesehatan. Apalagi bagi perempuan, stres membuat siklus menstruasi menjadi terganggu atau tidak terartur.

dr. Bram mengatakan stres ada kaitan dengan mengenai gangguan menstruasi. Misalnya saja volume menstruasi sangat banyak atau bahkan sedikit tidak seperti biasanya.

Dan yang paling membuat khawatir, siklus menstruasi tidak terartur, bisa tidak menstruasi satu hingga tiga bulan. Durasi pun bisa lebih lama atau singkat tidak seperti bulan biasanya.

"Sampai bisa munculnya gejala pre mesntrual dan menjadi nyeri," ujar dr. Bram.

Mengapa stres ada hubungan dengan menstruasi? dr. Bram menyampikan jika pada saat perempuan stres, hormon yang mengantur kondisi fight or flight meningkat. Hormon lain akan terupresi karena berfokus pada hormon tersebut. Termasuk terjadi supresi hormon GnRH dari hipotalamus ke hipofisis anterior dan produksi hormon gonad terganggu.

Namun, kondisi ini akan dipengaruhi banyak faktor seperti jenis stres, beban atau berat stres yang dialami, durasi stres. "Stres semakin berat akan terjadi gangguan menstruasi menetap dan menganggu fertilitas dan prilkau bereproduksi secara permanen," ujar dr. Bram

Cara agar tidak stres

Maka dari itu, diperlukan sebuah upaya agar stress yang ditimbulkan bisa berubah menjadi fresh, antara lain dengan memilih pembalut yang tepat.

Berbicara soal pemilihan pembalut, Sandra Napis, Brand Manager Softex Natural Cool kasih rekomendasi kamu untuk memililh pembalut yang mengandung ekstrak daun mint dan daun sirih, karena kandungan ekstra daun mint tersebut, bisa memberikan sensasi dingin alami dan mencegah lembab.

"Sedangkan ekstra daun sirih berperan sebagai antiseptik alami yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah bau," ujarnya.

Selain itu, dr. Bram juga mengatakan sebaikanya lakukan self healing selama menstrruasi seperti istirahat yang cukup, hindari beberapa makanan seperti dairy, kafein, daging merah, alkohol, gula karbohidarat dengan jumlah yang tinggi.

Jangan lupa untuk olahraga seperti berjalan kaki dan yoga untuk mencegah stres, kembung, dan nyeri perut.

Event Healing in Natural Cool Wonderland pun diselenggarakan Softex pada Jumat, 25 Maret 2022 di Chakra Hall & Lounge BSD, dengan berbagai acara seperti, Selfi-an di Photo Booth Keren, Talkshow Healing yang Edukatif dan Fun, dan Seru-seruan Buat Resin Tray.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading