4 Minuman yang Bermanfaat Meredakan Kolesterol Setelah Hari Raya

Mimi Rohmitriasih02 Mei 2022, 07:45 WIB
Diperbarui 02 Mei 2022, 07:45 WIB
Ilustrasi teh

Fimela.com, Jakarta Di Hari Raya yang Fitri, kurang lengkap rasanya jika belum menyantap makanan berupa opor ayam, rendang, aneka kue kering dan makanan khas Hari Raya lainnya. Namun Sahabat Fimela, konsumsi makanan tersebut sangat rentan meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Ketika kolesterol dalam tubuh meningkat, tentunya ini bisa sangat berbahaya buat kesehatan. 

Agar kolesterol dalam tubuh tidak meningkat secara drastis di Hari Raya, yang perlu kita lakukan adalah mengurangi asupan makanan di atas. Kalau pun mengonsumsinya, kita boleh mengonsumsi dalam jumlah cukup atau sedikit saja. Tapi, kalau ingin menyantap lebih banyak, kamu bisa melakukannya. Tapi ingat, imbangi dengan minum minuman yang bisa menurunkan kolesterol. 

Melansir dari laman healthline.com, sedikitnya ada 5 minuman yang bisa bantu menurunkan kolesterol setelah Hari Raya Idul Fitri.

Jahe

Ilustrasi minuman teh jahe panas
Ilustrasi minuman teh jahe panas. (Photo by Bluebird Provisions on Unsplash)

Minuman pertama yang bisa menurunkan kolesterol adalah air jahe. Rebus jahe atau cukup merendamnya dengan air hangat kemudian minum selagi hangat. Menurut para ahli di University of Maryland Medical Center, jahe yang dicampur dengan sedikit garam dan dijadikan teh membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh setelah konsumsi daging atau makanan yang mengandung lemak serta protein lebih lainnya.

Teh Hijau

Teh hijau
Ilustrasi teh hijau yang bagus untuk hilangkan bekas jerawat. (unsplash.com/Rawpixel).

Minuman kedua yang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh adalah teh hijau. Teh hijau tak hanya menurunkan kolesterol tetapi juga bantu melangsingkan tubuh. Setelah mengonsumsi banyak makanan yang mengandung lemak dan kolesterol, sebaiknya konsumsi teh hijau setidaknya 2 gelas setiap harinya.

Tomat

[Fimela] Jus Tomat
Ilustrasi Jus Tomat | Pexels.com

Tomat mengandung likopen yang bisa menurunkan kolesteriol dalam tubuh. Tomat bisa dijus atau dimakan secara langsung. Untuk hasil yang maksimal, cobalah konsumsi jus tomat sebanyak setengah liter secara rutin tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya.

Jus Apel

Ilustrasi cuka sari apel
Ilustrasi cuka sari apel. Sumber foto: unsplash.com/RawPixel.

Jus apel juga sangat baik dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh. Para ahli mengungkapkan jika kandungan pektin dalam buah apel bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Itulah beberapa minuman yang bermanfaat menurunkan kolesterol dalam tubuh setelah Hari Raya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat Idul Fitri bagi umat muslim di manapun kamu berada.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela