5 Cara agar Stop Makan Sebelum Berlebihan selama Lebaran

Febi Anindya Kirana02 Mei 2022, 11:45 WIB
Diperbarui 02 Mei 2022, 11:45 WIB
kue kering lebaran

Fimela.com, Jakarta Semua orang sepertinya sudah paham bahwa momen Lebaran menjadi momen spesial di mana pasti akan ada banyak makanan enak ke mana pun kita singgah, baik di rumah sendiri maupun di rumah tetangga atau saudara. Salah satu kekhawatiran besar yang ikut serta muncul ketika banyak makanan di depan mata pastinya adalah makan berlebihan.

Tidak mau perut jadi begah dan kegemukan setelah Lebaran, begini cara mencegah diri sendiri agar stop makan sebelum berlebihan.

1. Ambil porsi kecil

Makanan setelah lebaran
Ilustrasi Makan Bersama Credit: freepik.com

Jika kamu berencana mencicipi semua makanan yang ada di meja, maka buat aturan tetap pada dirimu sendiri bahwa hanya akan mengambil porsi kecil saja. Piring yang disediakan mungkin akan berukuran besar, tapi bukan berarti itu menjadi alasan kamu bisa memenuhinya. Ambil 1-2 sendok makan untuk setiap menu makanan. Untuk kuah bersantan mungkin susah, jika memungkinkan, coba makan satu porsi untuk dibagi berdua dengan saudara atau orangtua.

2. Selalu masukkan serat ke atas piring

Lebaran
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Odua Images

Jika ada banyak pilihan, fokuskan tujuanmu pada makanan yang berserat saja misalnya buah-buahan, sayuran atu kacang-kacangan agar cepat kenyang. Kurangi konsumsi nasi putih, lontong atau ketupat karena itu merupakan makanan mengandung karbohidrat sederhana yang rentan membuatmu cepat lapar sedangkan kalorinya cukup tinggi.

3. Banyak minum air putih

minum air
Ilustrasi perempuan minum jus buah/copyright unsplash.com/Sam Moqadam

Catat, air putih lho ya, bukan air es manis yang sudah dicampur dengan susu, gula dan lain sebagainya. Minumlah cukup banyak air putih sehingga perutmu lumayan terisi dan tidak menginginkan banyak makanan untuk dimakan. Minuman manis memiliki kalori yang tinggi sekaligus mudah membuatmu ingin makan lebih banyak. 

4. Kunyah perlahan

makan saat lebaran
ilustrasi makan lebaran/copyright by Odua Images (Shutterstock)

Makan sambil ngobrol pasti enak ya, manfaatkan kesempatan ini untuk mengunyah lebih lama, karena secara alami kamu akan merasa kenyang dengan cepat jika makan lebih lama. Otak membutuhkan waktu untuk memproses rasa kenyang, jadi tunggulah hingga reaksi kenyang itu muncul. Mengunyah perlahan akan secara alami membantu sistem pencernaan lebih mudah mengurai makanan sekaligus membantu menahan diri untuk tidak makan berlebihan.

5. Batasi sumber kalori tertentu

Ilustrasi Muslim, puasa, buka puasa
Ilustrasi Muslim, puasa, buka puasa. (Photo by mentatdgt from Pexels)

Ada beberapa sumber kalori yang seharusnya kamu batasi atau hindari sejak awal agar tidak mengalami kenaikan berat badan maupun menimbulkan masalah kesehatan lainnya nanti. Beberapa makanan yang harus dihindari adalah makanan yang tinggi garam, gula, lemak jenuh, lemak trans dan kalori kosong. Makanan-makanan yang mengandung sekian sumber kalori ini seperti gorengan, kuah bersantan, minuman dan makanan manis, keripik dan beberapa camilan gurih asin.

Jika sudah tahu bagaimana cara mengatasinya, kini tinggal dipraktekkan saja ya Sahabat Fimela. Yuk lebih mindful saat makan ketika Lebaran!

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela