Sukses

Health

Bisakah PCOS Memengaruhi Kesehatan Mental Perempuan? Begini Jawabannya!

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela baru-baru ini mengalami kecemasan, depresi, dan serangan panik? Berhati-hatilah, karena masalah PCOS dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang. Menurut penelitian baru, perempuan dengan Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) lebih rentan menderita masalah kesehatan mental.

Mengenal PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome)

PCOS mempengaruhi cara fungsi ovarium dan ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur, kelebihan androgen atau jumlah 'hormon pria' yang tinggi dalam tubuh dan ovarium polikistik, di mana ovarium membengkak dan mengandung sejumlah besar kantung berisi cairan yang mengelilingi sel telur.

Melansir dari pinkvilla.com (20/4), saat ini PCOS telah mengungkapkan fakta lain, yakni perempuan dengan gangguan tersebut lebih mungkin menderita masalah kesehatan mental.

Karena ketidakteraturan hormon, PCOS merupakan masalah utama gangguan kesehatan mental pada perempuan. Testosteron, yang hadir dalam jumlah yang sangat tinggi pada perempuan dengan PCOS, menyebabkan masalah fisik seperti pertumbuhan rambut pola pria, jerawat, penipisan atau hilangnya rambut di kepala, kulit berminyak, dan masalah psikologis seperti mudah marah, perilaku agresif, dan depresi.

Alasan PCOS Memengaruhi Kesehatan Mental

Cita-cita seseorang dan budaya di mana mereka tinggal akan mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Kualitas yang sama ini dapat berdampak pada kesejahteraan emosional orang yang tidak memiliki PCOS. Orang dengan PCOS lebih cenderung menderita kesedihan dan kecemasan, terlepas dari berat badan, usia, status sosial ekonomi, bentuk tubuh, atau status kesuburan mereka.

Tingkat stres tampaknya lebih tinggi pada perempuan yang hidup dengan infertilitas PCOS karena dampak tambahan dari citra tubuh yang rendah serta dampak psikososial yang berhubungan dengan infertilitas. Perasaan putus asa ini bahkan dapat menyebabkan makan berlebihan, obesitas yang memburuk, dan gejala PCOS.

Akibatnya, penderita PCOS terperangkap dalam lingkaran setan ketidakseimbangan hormon dan harga diri rendah. Kurang tidur, harga diri rendah yang mengarah pada ketidakberdayaan dan ketidakpuasan, dan bahkan pikiran untuk bunuh diri semuanya terkait erat dengan keseimbangan hormon yang sangat terganggu pada perempuan yang tidak memprioritaskan kesehatan mereka.

Perawatan untuk Penderita PCOS

Orang dengan penderita PCOS yang depresi atau khawatir, atau yang mengamati perubahan suasana hati mereka, harus berbicara dengan profesional kesehatan mereka tentang pilihan pengobatan. Ada banyak perawatan yang tersedia untuk membantu gangguan kesehatan mental. Ketika ketidakseimbangan hormon diatasi melalui metode dasar seperti olahraga, pembatasan dan perubahan pola makan, manifestasi psikologis seperti kecemasan, depresi, perubahan suasana hati, dan pesta makan secara alami diatur.

Well, tetap jaga pola hidup yang sehat ya, Sahabat Fimela. Lakukan olahraga ringan dan perhatikan makanan yang kamu konsumsi. Pastikan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

#WomeforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading