Sukses

Health

5 Penyebab Ketiak Bau dan Cara Merawatnya

Fimela.com, Jakarta Ketiak bau bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri. Bau ketiak juga bisa membuat lingkungan menjadi tidak nyaman. Untuk itu, ketiak harus dirawat dengan benar agar tidak menimbulkan bau tidak sedap.

Penyebab ketiak bau yang utama adalah karena keringat bercampur dengan bakteri di ketiak. Sebaiknya Sahabat Fimela juga melakukan pola hidup yang bersih atau sehat. Karena kebiasaan tidak menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh juga bisa menimbulkan ketiak menjadi bau.

Cara merawat ketiak agar tidak bau, dapat dilakukan secara rutin dengan konsisten. Contohnya menggunakan deodoran atau menggunakan detoks ketiak. Berikut penyebab ketiak bau dan cara merawatnya:

Penyebab Ketiak Bau

1. Infeksi Kulit

Penyebab ketiak bau yang pertama adalah karena memiliki infeksi pada bagian ketiak. Infeksi bisa menghasilkan ures berlebih pada keringat yang terdapat di ketiak. Hal ini akan membuat ketiak menjadi sangat lembap, dan menimbulkan bau tidak sedap pada ketiak.

2. Jarang Mandi

Kebiasaan buruk jarang mandi bisa menyebabkan ketiak bau tidak sedap. Karena ada keringan, kuman, bakteri dan kotoran yang menumpuk di lipatan ketiak. Jarang mandi juga menyebabkan tubuh menjadi bau. Mandilah minimal 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan sore hari.

3. Jarang Ganti Pakaian

Terlalu banyak aktivitas akan membuat tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak. Sehingga pakaian akan basah dan menimbulkan bau. Untuk itu, gantilah pakaian yang basah karena keringat. Rajin mengganti pakaian juga bisa mengurangi risiko terkena jamur kulit yang dapat tumbuh di ketiak.

Penyebab Ketiak Bau

4. Obesitas

Obesitas atau tubuh kelebihan berat badan disebabkan karena ada banyak lemak jenuh yang menumpuk di dalam tubuh. Kondisi ini akan meningkat keringat lebih banyak daripada biasanya. Sehingga kondisi ini bisa menyebabkan ketiak bau dan tubuh bau tidak sedap. Jaga berat badan idealmu untuk mencegah obesitas.

5. Pola Makan Tidak Sehat

Ketiak bau juga disebabkan karena tidak mengonsumsi makanan yang bergizi. Jika Sahabat Fimela sering melakukan pola makan yang tidak sehat, seperti mengonsumsi daging merah yang terlalu banyak, atau mengonsumsi makanan penyebab bau badan, maka akan berisiko menyebabkan ketiak bau. Perbanyak konsumsi zinc dan magnesium untuk mencegah bau badan.

Cara Merawat Ketiak

Cara merawat ketiak agar tidak bau, bisa dilakukan secara rutin dan konsisten. Sahabat Fimela bisa rajin mencukur bulu ketiak, menggunakan deodoran, melakukan detoks ketiak, dan menjaga pola hidup dengan lebih bersih. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, dan hindari konsumsi lemak atau makanan penghasil bau tidak sedap.

Saat menggunakan deodoran untuk mencegah bau ketiak, pilihlah deodoran yang tidak mengandung aluminium chloride, alkohol dan parfum. Kandungan tersebut dapat menyebabkan baju menguning setelah menggunakan deodoran dan mengiritasi kulit ketiak. Pastikan deodoran yang digunakan memiliki kandungan brightening agents, glycerin, hyaluronic acid atau aloe vera. Kandungan ini bisa membuat ketiak cerah dan terjaga kelembapannya.

Sahabat Fimela juga bisa melakukan rutin olahraga, untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Karena penumpukan racun dan lemak bisa menyebabkan keringat bau tidak sedap. Konsultasikan pada dokter, jika memiliki gangguan kesehatan pada area ketiak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading