Sukses

Health

3 Makanan Penyebab Cacing Kremi yang Perlu di Hindari

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa cacing kremi merupakan salah satu cacing yang cukup banyak mengancam kesehatan tubuh, biasanya cacing satu ini banyak ditemukan pada anak anak. Berbagai penyakit maupun infeksi seringkali datang kepada manusia kapanpun dan dimanapun, salah satunya jika kita tidak menjaga pola makan dan kebersihan tubuh.

Cacing kremi merupakan parasit yang berjenis cacing dan biasanya akan menyerang usus besar pada manusia, memiliki tubuh berwarna putih dan tampak seperti benang biasanya cacing kremi memiliki panjang 2-13 milimeter. Selain itu cacing kremi juga dapat dilihat pada feses atau tinja di sekitar lubang Anus pada seseorang yang mengalaminya.

Cacing kremi biasanya disebut sebagai pinworm atau jenis cacing yang merupakan cacing parasit dan memiliki ukuran sangat kecil yang dapat menyerang saluran pencernaan usus besar. Berikut beberapa penyebab cacing kremi pada makanan yang perlu kamu hindari:

1. Ikan

Ikan yang tidak dimasak dengan baik dan benar dapat menyebabkan masuknya cacing kremi ke dalam tubuh, banyak beberapa makanan olahan ikan yang dikonsumsi secara mentah. Hal ini perlu membuat kamu berhati hati ketika mengkonsumsi beberapa makanan ikan mentah atau yang tidak dimasak dengan baik.

2. Air Mentah

Air juga dapat menjadi salah satu sumber penularan cacing kremi, biasanya jika air yang dikonsumsi telah terkontaminasi dengan telur cacing kremi akan membuat seseorang mengalami cacing kremi yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan untuk minum air matang atau minum yang sudah di filter.

3. Babi

Jika kamu mengkonsumsi babi dan tidak dimasak dengan benar dapat menyebabkan infeksi cacing kremi, hal ini biasanya akan buat yang kami tumbuh dalam Tubuhmu dan menyerang usus serta menyebabkan kurang nafsu makan, penurunan berat badan atau kram perut yang cukup parah.

Cara Mencegah Cacing Kremi

Melakukan pencegahan merupakan salah satu cara terbaik untuk mengobati masalah tubuh, selain itu dengan adanya pencegahan dapat membuat kita untuk mengurangi resiko tertularnya infeksi cacing kremi. Berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mencegah cacing kremi dalam tubuh:

  • Menjaga kebersihan tubuh, mandi teratur, dan rajin mencuci tangan.
  • Memotong kuku yang panjang dan kotor.
  • Menghindari menggigit jari.
  • Rajin mengganti seprai tempat tidur maupun sarung bantal.
  • Menghindari penggunaan Handuk secara bersamaan.
  • Jangan menggaruk area Anus.

Biasanya adanya cacing kremi yang masuk ke dalam tubuh tidak selalu menunjukkan gejala yang cukup serius akan tetapi dampak dari infeksi ini biasanya akan terjadi setelah beberapa hari atau mungkin bulan saat cacing kremi masuk. Jika kamu merasakan gejala pada tubuh ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mengetahui penyebab dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading