Sukses

Health

Ragam Manfaat Vitamin D3, Vitamin E dan Astaxanthin Agar Tak Loyo saat Mudik

Fimela.com, Jakarta Meski pandemi Covid-19 kasusnya sudah mulai melandai, namun memelihara ketahanan tubuh dengan meningkatkan imun tetap penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan memiliki imun yang kuat, maka semakin kecil pula risiko terserang berbagai penyakit termasuk virus corona.

Apalagi ketika sahabat Fimela ingin mudik Lebaran harus mempersiapkan tubuh agar tetap sehat selama perjalanan. Sebab kita tahu kita akan bertemu banyak orang hingga harus menerjang kemacetan jika menggunakan jalur darat.

Untuk meningkatkan imun tubuh, sahabat Fimela butuh asupan makanan sehat dan bergizi seimbang, lalu mengikuti pola hidup sehat lainnya. 

Di antara begitu banyak nutrisi dan vitamin, Vitamin D3, E dan Astaxanthin ternyata memiliki banyak manfaat untuk membangun sistem imun tubuh yang kuat.

Kombinasi ketiganya cukup ampuh dalam mencegah virus mampir ke tubuhmu. Berikut penjelasan tentang manfaat ketiga nutrisi tersebut agar aman saat mudik, dilansir dari Halodoc :

Vitamin D3

Sejumlah literatur menyebutkan bahwa vitamin D3 adalah bentuk paling alami dari vitamin D. Sebagai informasi, secara kimiawi, bentuk aktif dari vitamin D ada dua, yaitu vitamin D2 (ergokalsiferol) dan vitamin D3 (kolekalsiferol).

Vitamin D3 berperan dalam mengatur kadar kalsium dalam tubuh, hingga menjaga kekuatan tulang dan gigi. Mencegah keropos tulang bagi wanita diatas umur 30 tahun.

Vitamin ini dapat terbentuk secara alami saat kulit terkena sinar matahari langsung. Kemudian pada beberapa makanan hewani, seperti ikan laut, telur, susu dan olahannya, hati sapi, dan sereal.

Vitamin ini juga memiliki peran dalam pencegahan berbagai penyakit infeksi respiratorik, seperti tuberkulosis paru dan influenza.

Vitamin E

Vitamin E mempunyai sifat anti radang dan antioksidan, yang dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan infeksi virus maupun bakteri. Vitamin ini juga mampu meningkatkan produksi antibodi untuk melawan penyakit. Kemudian menangkal radikal bebas yang melemahkan sistem imun.

Vitamin ini terkandung dalam biji bunga matahari, kacang tanah, kacang almond, bayam, brokoli, hingga alpukat. Kadar vitamin E paling banyak terkandung dalam biji bunga matahari.

Untuk 30 gram biji bunga matahari, terkandung sekitar 65 persen kebutuhan vitamin E harian yang dibutuhkan tubuh.

Astaxanthin

Astaxanthin merupakan senyawa antioksidan sekaligus zat pemberi warna (pigmen) merah pada biota laut, seperti udang, lobster, kepiting, salmon dan ganggang.

Kekuatan astaxanthin sebagai senyawa antioksidan disebut 6.000 kali lebih tinggi ketimbang vitamin C.Maka, Astaxanthin punya kemampuan sangat baik dalam meningkatkan respons kekebalan tubuh.

Senyawa ini juga bermanfaat melindungi sel-sel dalam sistem imun dari paparan radikal bebas.Astaxanthin juga dapat meresap ke setiap sel dalam tubuh dengan optimal, karena sifatnya yang molekuler lipophilic dan hydrophilic. Yakni satu bagian bertugas melindungi sel yang larut lemak dan molekul lainnya melindungi sel larut air.

Sahabat Fimela dapat mengkonsumsi ketiga nutrisi tersebut dalam bentuk asupan suplemen dari Tomo Kenko, menghadirkan aneka produk mulai dari Vitamin D3, Vitamin C, Vitamin E, Astaxanthin hingga Combo Zinc, yang tersedia dalam berbagai dosis ukuran.  Tersedia pula paket Hampers Get Well Soon dan Hampers Stay Healthy.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading