Sukses

Health

5 Penyebab Ibu Hamil Mudah Lemas selama Mengandung

Fimela.com, Jakarta Selama masa kehamilan, ibu hamil kerap merasa lemas atau mudah merasa lelah. Kondisi ini sebenarnya hal yang normal dirasakan oleh ibu hamil pada awal kehamilan atau trimester pertama.

Tidak perlu khawatir, karena gejala ini akan berkurang dengan sendirinya jika kehamilan sudah memasuki trismester kedua dan ketiga. Meskipun begitu, tidak ada salahnya bagi calon ibu tahu lebih banyak mengenai kondisi ini. Sebab, merasa lemas dan mudah lelah saat hamil dapat mengambat aktifitas ibu hamil.

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab ibu hamil mudah lemas selama mengandung. Dilansir dari bberagam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Ibu Hamil Mengalami Perubahan Hormon

Penyebab pertama ibu hamil mudah merasa lemas selama mengandung ialah karena ibu hamil tengah mengalami perubahan hormon. Namun, ini bukanlah gejala buruk, melainkan sebagai bagian dari proses kehamilan yang normal. 

Tidak perlu cemas jika ibu hamil mudah lemas dan lelah karena itu menunjukkan bahwa hormon kehamilan sedang bersirkulasi dan tubuh bekerja keras membantu janin tumbuh. Pasalnya, selama masa kehamilan, tubuh memang akan memproduksi hormon yang berbeda dibandingkan dengan kondisi normal.

 

2. Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Hamil Dipengaruhi Plasenta

Berikutnya, faktor lain yang menyebabkan ibu hamil merasa mudah lemas selama mengandung ialah karena pengaruh plasenta. Saat mengandung, janin yang ada di dalam perut mendapatkan nutrisi dan energi dari plasenta yang tumbuh di lapisan rahim.

Dengan kata lain, plasenta membuat bayi bisa menerima darah dan nutrisi secara langsung dari tubuh ibu. Hal ini pun akhirnya mempengaruhi sistem kekebalan sang ibu hingga ibu hamil mengalami rasa lemas dan mudah lelah, meskipun tidak banyak bergerak. 

3. Ibu Hamil Mengalami Anemia

Selama mengandung, ibu hamil memang rawan mengalami anemia. Anemia merupakan kondisi ketika darah tidak memiliki cukup sel darah merah.

Sebenarnya tubuh ibu hamil membutuhkan suplai darah yang lebih besar, termasuk untuk membantu pertumbuhan janin di dalam kandungan. Untuk mengantisipasinya, disarankan agar ibu hamil banyak mengonsumsi makanan sehat yang mengandung asam folat dan suplemen zat besi, nutrisi tersebut akan mencegah ibu hamil dari gejala anemia. 

4. Mengalami Kurang Tidur

Ibu hamil membutuhkan kualitas tidur yang baik. Sebab jika tidak, maka hal ini akan berpengaruh pada kondisi fisik yang menyebabkannya kekurangan energi. Alhasil, tubuh ibu hamil akan rentan mengalami pegal, lemas, dan lelah yang luar biasa.

Sleep Foundation.org melaporkan, bagi sebagian besar perempuan bahwa kehamilan adalah saat yang penuh kegembiraan. Sayangnya beberapa ibu hamil merasakan gangguan tidur yang serius.

Di mana tuntutan fisik dan emosional dari kehamilan menjadi salah satu penyebabnya. Namun jika sudah merasa menderita sleep apnea, sangat penting untuk berbicara dengan dokter.

 

5. Efek Pertumbuhan Janin dalam Kandungan

Terakhir, penyebab ibu hamil mudah merasa lemas selama mengandung ialah karena pertumbuhan janin di dalam perut. Pada periode tersebut, janin akan terus tumbuh.

Pada masa kehamilan, sel-sel darah mulai terbentuk dan sirkulasi akan dimulai. Pada akhir bulan pertama, panjang bayi sekitar 1/4 inci, yakni lebih kecil dari sebutir beras. Lalu di bulan 2 fitur wajah bayi terus berkembang. Seamkin bertumbuh di dalam perut, maka prosesnya akan semakin membuat sang ibu menjadi lelah dan lemas seperti tidak memiliki energi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading