Sukses

Health

5 Jenis Makanan yang dapat Meredakan Kram Perut saat Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Kram saat menstruasi tidak jarang terjadi. Perempuan yang sedang menstruasi sering terlihat menggunakan botol air panas atau bantal pemanas untuk meredakan kram. Kram tidak hanya menyakitkan tetapi juga terkait dengan kelelahan dan mengganggu melakukan aktivitas sehari-hari.

Jika kamu ingin makan makanan terbaik untuk kram menstruasi, pilihlah buah dan sayuran yang ringan dan sehat yang tidak akan membuat perut terasa berat. Buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian semuanya dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan kram menstruasi. Lalu jenis makanan apa saja yang baik dikonsumsi saat kram haid? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung zat besi yang tinggi, yang dapat membantumu memenuhi kebutuhan zat besi yang hilang selama menstruasi. Sayuran seperti bayam dan sawi sebaiknya dikonsumsi saat menstruasi karena dapat mengembalikan zat besi yang hilang. Konsumsilah banyak salad berdaun hijau, atau sajikan sebagai pelengkap hidangan ayam atau ikan untuk meningkatkan nilai gizinya.

2. Salmon

Ikan seperti salmon dan tuna merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik karena rendah kalori dan lemaknya bermanfaat bagi tubuh. Ikan berkulit gelap biasanya tinggi protein. Salmon juga tinggi asam lemak Omega-3, yang dapat menghilangkan rasa sakit akibat kram menstruasi. Jika kamu tidak menyukai makanan laut, kamu bisa mendapatkan Omega-3 dari alpukat atau kenari.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile adalah obat yang sangat baik untuk kram menstruasi. Ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang dapat membantu meredakan kram menyakitkan yang terkait dengan menstruasi. Secangkir teh chamomile bebas kafein hangat dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak glisin, bahan kimia yang meredakan kejang otot dan bertindak sebagai pelemas saraf.

4. Alpukat

Alpukat dapat membantu mengatasi kembung dan kram otot, yang merupakan gejala PMS yang umum. Makanan berlemak tinggi ini mengandung potasium, mineral yang bertindak sebagai diuretik alami, membuang kelebihan natrium dan cairan dari tubuh. Kalium juga membantu mencegah kram otot dan meningkatkan perasaan kenyang. Buat smoothie buah dengan alpukat, atau tambahkan ke telur dadar atau salad. Atau, potong alpukat menjadi dua, taburi dengan air jeruk nipis dan kunyit, dan makan dengan sendok.

5. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran berserat tinggi yang dapat membantu meredakan kembung. Ini mengandung banyak potasium, kalsium, magnesium, dan vitamin A, C, B6, dan E. Semua nutrisi ini dapat membantu mengatasi kram dan gejala menstruasi lainnya. Brokoli, yang tinggi zat besi dan serat, adalah makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi selama kram menstruasi.

Jadi itu tadi beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi saat mengalami kram perut akibat menstruasi. Nah, selain itu, jaga pola hidup sehat ya, Sahabat Fimela!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading