Sukses

Health

5 Penyebab Tubuh Lebam dan Memar secara Tiba-Tiba

Fimela.com, Jakarta Pernahkah saat kamu bangun tidur lalu tiba-tiba menyadari ada banyak memar dan lebam diseluruh tubuh? Jika kamu pernah mengalaminya, memar dan lebam yang muncul pada tubuh dapat dijelaskan penyebabnya. 

Memar dengan warna merah dan keunguan ini kadang muncul tiba-tiba dan bahkan tanpa diiringi rasa sakit. Itulah sebabnya kamu mungkin tidak menyadarinya jika tubuhmu lebam dan memar. 

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab tubuh lebam dan memar secara tiba-tiba. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Aktivitas Olahraga yang Berat

Memar dan lebam pada tubuh seringkali muncul setelah kita melakukan aktivitas olahraga yang berat. Pasalnya, olahraga akan menempatkan banyak tegangan di otot yang kemudian menyebabkan pecahnya pembuluh darah sehingga menyebabkan memar. Karena tidak menimbulkan rasa sakit, maka kamu bisa saja tidak menyadarinya. 

2. Kekurangan Vitamin C

Tubuh akanmudah memar dan lebam saat kamu kekurangan vitamin, terutama jika kamu kekurangan vitamin C. Sebab, vitamin yang satu ini punya fungsi atau peran penting dalam metabolisme tubuh. 

Vitamin C sangat penting untuk membantu menyembuhkan luka dan pembentukan kolagen. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan pembuluh darah kecil kamu pecah sehingga memunculkan memar.

3. Efek Penuaan

Seiring bertambahnya umur, seseorang akan menua dan tanpa disadari hal tersebut memicu timbulnya memar dan lebam pada tubuh. Hal ini karena, produksi kolagen serta lapisan lemak yang melindungi kulit akan menurun. Akibatnya, tubuh seseorang jadi mudah mengalami memar terutama ketika usia sudah menginjak 60 tahun keatas. 

4. Efek Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Berikutnya, memar dan lebam pada tubuh secara tiba-tiba juga bisa disebabkan karena efek samping mengonsumsi obat-obatan tertentu. Adapun beberapa jenis obat yang bisa membuat kamu memar adalah aspirin, kontrasepsi, serta steroid. Sebaiknya sebelum menggunakan beberapa jenis obat di atas, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

5. Gejala Awal Diabates

Saat kamu mendapati ada bercak atau memar di kulit pada area tertentu, bisa jadi itu indikasi dari gejala awal diabetes. Hal ini terjadi karena adanya pendarahan kapiler internal karena pembuluh darah yang lemah. Sehingga mudah sekali terjadi memar dan lebam pada tubuh. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading