Sukses

Health

5 Penyebab Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Darah tinggi naik atau hipertensi adalah kondisi saat tekanan darah lebih dari 130/80 mmHg. Kondisi ini harus segera diwaspadai jika terjadi pada ibu hamil. Karena bisa menyebabkan komplikasi penyakit berbahaya, seperti gagal jantung, penyakit ginjal dan stroke.

Tekanan darah tinggi pada ibu hamil sangat berbahaya untuk keselamatan nyawa ibu dan bayi saat melahirkan. Penyebab tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang utama, yaitu karena adanya faktor keturunan dari keluarga. Sehingga ibu hamil harus menjaga tekanan darah tetap normal.

Tekanan darah tinggi dapat diukur dengan ukuran tekanan darah secara rutin, menggunakan tensi meter yang manual maupun digital. Sebaiknya ibu hamil rutin melakukan kontrol kesehatan dan konsultasi pada dokter kandungan. Berikut penyebab tekanan darah tinggi pada ibu hamil, dilansir dari beberapa sumber:

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Garam

Garam adalah penyedap rasa yang bisa membuat rasa makanan menjadi lebih asin. Namun kelebihan garam di dalam tubuh, bisa menyebabkan darah tinggi naik dan mengganggu keseimbangan cairan di dalam tubuh. Saat keseimbangan cairan tidak seimbang, kondisi ini menyebabkan pembuluh darah mengecil dan membuat jantung memompa darah lebih kuat. Untuk itu hindari mengonsumsi makanan tinggi garam pada saat hamil.

2. Mengonsumsi Makanan Manis

Hampir sama dengan makanan tinggi garam. Ibu hamil juga harus mengurangi mengonsumsi makanan manis penyebab tekanan darah tinggi. Karena gula bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, dan menyebabkan penyakit diabetes serta obesitas. Untuk itu kurangi mengonsumsi gula tambahan.

3. Faktor Keturunan

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi tak hanya dialami ibu hamil saja. Kondisi ini bisa dialami segala usia, yang disebabkan karena adanya faktor keturunan. Jika Sahabat Fimela memiliki keturunan dengan kondisi tekanan darah tinggi, sebaiknya segera jaga pola hidup dengan lebih sehat.

 

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

4. Memiliki Riwayat Penyakit

Karena memiliki riwayat penyakit khusus, tekanan darah tinggi dapat dialami oleh ibu hamil. Riwayat penyakit yang menyebabkan tekanan darah tinggi seperti sleep apnea, gangguan ginjal, tumor pada kelenjar adrenal, masalah pada tiroid, diabetes. Bahkan mengonsumsi obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit tersebut, berisiko menjadi penyebab tekanan darah tinggi.

5. Stres Berlebih

Ibu hamil akan mudah mengalami stres. Kondisi ini bisa meningkatkan tekanan darah pada ibu hamil. Jaga pikiran tetap positif dan tenang selama hamil. Sahabat Fimela juga bisa melakukan olahraga seperti renang dan yoga, yang baik untuk mengontrol stres pada ibu hamil.

Ciri-Ciri Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi sebenarnya sangat mudah dirasakan dan dideteksi. Saat tubuh terasa tidak enak badan dan sangat lemas yang dialami ibu hamil. Walaupun sebenarnya ciri-ciri tekanan darah tinggi tidak bisa dirasakan secara spesifik.

Ciri-ciri tekanan darah secara umum dengan gejala yang ringan, yaitu ibu hamil akan merasakan pusing atau sakit kepala. Pada sebagian orang dapat merakan sesak napas ringan hingga dada terasa sesak. Bahkan penglihatan bisa terlihat buram.

Namun ciri-ciri tekanan darah tinggi yang berat, bisa ditandai dengan keluarnya darah dari dalam urine hingga mimisan. Jika ciri-ciri tekanan darah tinggi ini muncul, sebaiknya segera periksakan kepada dokter, agar segera ditangani dan tidak berakibat fatal. Ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi akan berbahaya saat melahirkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading