Sukses

Health

5 Penyebab Maag Kronis dan Cara Mencegahnya

Fimela.com, Jakarta Maag adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Seseorang yang sakit maag, memiliki gejala nyeri pada bagian lambung. Maag kronis terjadi karena lapisan dalam lambung terluka. Orang yang sakit maag, biasanya akan sering mual atau muntah sebelum dan sesudah makan.

Penyakit maag kronis bisa juga disebut dengan istilah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penyakit maag kronis ini membuat penderitanya tidak nyaman saat beraktivitas, dan susah untuk mengonsumsi makanan. Kondisi ini terjadi karena katup atau sfingter yang ada di kerongkongan bawah melemah, sehingga menyebabkan mulut terasa sangat asam, sesak dada dan naik sampai tenggorokan.

Penyebab maag kronis harus segera dihindari, agar tidak membuat penyakit semakin parah. Maag juga bisa dicegah dengan melakukan pola hidup yang sehat. Berikut penyebab maag kronis dan cara mencegahnya, dilansir dari beberapa sumber:

Penyebab Maag Kronis

1. Salah Mengonsumsi Makanan

Hati-hatilah dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Ketika salah mengonsumsi makanan tertentu, asam lambung akan naik dan memicu penyakit maag kronis. Terutama saat mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, makanan berminyak, makanan terlalu asin, makanan yang tingkat asamnya tinggi, minuman berkafein dan alkohol.

2. Pola Makan yang Salah

Tak hanya salah mengonsumsi makanan, melakukan pola makan yang salah juga bisa menyebabkan maag kronis. Sebaiknya hindari kebiasaan pola makan yang salah seperti makan terlalu cepat, makan terlalu banyak, langsung tidur setelah makan, dan mengunyah terlalu cepat. Orang yang sakit maag, harus makan dengan teratur, tetapi porsinya tidak boleh terlalu banyak.

3. Keturunan

Penyebab maag kronis yang selanjutnya adalah karena faktor genetika atau keturunan. Adanya variasi DNA bernama GNB3 C825T, yang sangat berisiko menimbulkan penyakit maag. Konsultasikan pada dokter saat mengetahui penyakit ini.

4. Obesitas

Penderita obesitas akan memiliki risiko tinggi terkena maag kronis. Karena lemak yang menumpuk menyebabkan penekanan pada perut, kemudian produksi asam lambung akan meningkat, lalu naik kekerongkongan dan menyebabkan maag. Lakukan olahraga dan jaga pola makan, untuk mencegah terjadi obesitas.

5. Memiliki Penyakit Bawaan

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit bawaan, akan mudah terkena maag kronis. Penyakit yang bisa menyebabkan maag kronis adalah penyakit celiac, diabetes, dan PPOK (penyakit paru obstruktif kronis). Sehingga konsultasikan kesehatanmu pada dokter, agar lebih mudah untuk diobati sebelum terjadi komplikasi.

Gejala Maag Kronis

Saat mengalami maag kronis, maka asam lambung akan naik hingga ke kerongkongan. Asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa menyebabkan mulut terasa pahit atau asam. Bahkan kondisi ini menyebabkan bagian dada dan ulu hati terasa nyeri, karena terjadi peradangan di area tersebut.

Saat mengalami maag kronis, seseorang akan mengalami gejala susah menelan makanan dan mengalami gangguan pernapasan. Bagi sebagian orang, ada juga yang disertai gejala suara berubah menjadi serak, sering mual dan muntah-muntah. Gejala ini harus segera diwaspadai agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit.

Bahkan bagi seseorang yang memiliki asma, penyakit maag kronis bisa menyebabkan sesak napas dan batuk-batuk. Maag kronis yang sedang kambuh akan membuat tidur menjadi terganggu, bau mulut jadi tidak sedap dan gigi rusak karena asam lambung yang naik. Segera konsultasi pada dokter saat mengalami gejala maag.

Cara Mencegah Maag Kronis

1. Konsumsi Makanan Kaya Akan Serat

Agar maag kronis, konsumsilah makanan yang mengandung banyak serat. Karena kandungan serat bisa membantu menahan lapar. Makanan yang kaya akan serat bisa ditemukan seperti pada sayur, kacang-kacangan, beras merah dan gandum. Makanan kaya akan serat akan membuat lambung menjadi lebih sehat dan sistem pencernaan lancar.

2. Konsumsi Air Putih

Jika Sahabat Fimela menyukai kopi, teh atau soda, sebaiknya segera hindari minuman tersebut. Sering mengonsumsi kopi, teh dan soda akan membuat asam lambung naik serta tubuh dehidrasi. Tentu saja hal ini akan memicu penyakit maag kronis. Ada baiknya mengonsumsi air putih saja sebanyak 8 gelas sehari.

3. Ubah Pola Makan dengan Baik

Cara mencegah maag kronis yang terakhir adalah hindari mengonsumsi makanan yang terlalu banyak. Ubahlah pola makan dengan lebih baik dan menyehatkan. Makanlah secukupnya dan perhatikan kandungan nutrisi yang dimakan. Hindarilah mengonsumsi makanan yang terlalu asam atau pedas, dan hindari makanan bersantan untuk mencegah maag kambuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading