5 Penyebab Menstruasi Datang Lebih Awal dari Biasanya

Gayuh Tri Pinjungwati12 Mei 2022, 08:45 WIB
Diperbarui 12 Mei 2022, 09:24 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Jika siklus menstruasimu cukup teratur, datang bulan lebih awal dapat memicu kecemasan kecil dari dalam diri kita. Mungkin saja, akan muncul banyak pertanyaan dari dalam dirimu tentang menstruasi yang datang lebih awal.

Kita tahu, bahwa sebenarnya tubuhmu dapat berperilaku dengan cara yang tidak terduga terutama dalam hal sistem reproduksi. Gaya hidup, diet, penyakit dan bahkan stres dapat memengaruhi siklus menstruasi seseorang.

Jadi sebelum Sahabat Fimela panik tentang apa yang mungkin salah dengan tubuh dan rahim, perhatikan bahwa periode awal menstruasi dapat dipengaruhi dari sejumlah faktor, dan beberapa bukan masalah besar. Juga ingat bahwa kamu mengenal tubuh dan siklusmu dengan baik.

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa seseorang mungkin mengalami menstruasi datang lebih awal. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kamu Sedang Diet

Jika kamu mengubah kebiasaan makan atau mencoba menurunkan berat badan, frekuensi dan keteraturan menstruasi dapat terpengaruh. Itu karena hormon estrogen, progesteron, dan testosteron, yang mengatur waktu menstruasi, dapat dipengaruhi oleh apa yang kamu makan.

2. Sedang Mengonsumsi Obat

Siapa pun yang telah minum pil KB untuk sementara waktu tahu bahwa jika kamu melewatkan satu atau dua dosis, menstruasimu akan datang lebih awal. Obat-obatan seperti antidepresan, pil tekanan darah, dan bahkan antibiotic dapay menyebabkan perempuan mengalami menstruasi lebih awal.

3. Mengalami Stres

single
Ilustrasi/shutterstock.com

Stres mental dapat menyebabkan fluktuasi hormon kita, yang dapat memengaruhi siklus menstruasi perempuan. Jika pekerjaan di kantor atau urusan rumah tangga dapat membuat stres, mungkin saja itu dapat menyebabkan datang bulan lebih awal dari biasanya.

4. Memiliki Kondisi atau Penyakit yang Tidak Terdeteksi

Kondisi tiroid, PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) dan kondisi lain yang dapat mengganggu hormon dalam tubuh, hal itu dapat menyebabkan menstruasi datang lebih awal. Bicaralah dengan dokter jika kamu merasa perlu mencari tahu apakah kamu mungkin mengalami penyakit yang mungkin memengaruhi kesehatan reproduksi.

5. Mendekati Menopause

menstruasi perempuan
Ilustrasi/shutterstock.com

Jika kamu berusia akhir 40-an dan dalam fase perimenopause, kamu mungkin memperhatikan bahwa menstruasimu menjadi kurang dapat diprediksi, sama seperti ketika kamu baru mulai menstruasi. Mendekati menopause pasti dapat menyebabkan menstruasi datang lebih awal.

Nah, berikut tadi beberapa penyebab menstruasi datang lebih awal dari biasanya. Jadi, pastikan kamu menjalankan pola hidup sehat ya, Sahabat Fimela!

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela