Sukses

Health

Tips Tetap Tehidrasi Selama Hamil Demi Kesehatan Ibu dan Janin

Fimela.com, Jakarta Penting bagi setiap orang untuk menghidrasi tubuhnya dengan baik. Tubuh yang mengalami dehidrasi sangat rentan mengalami berbagai masalah kesehatan. Risiko masalah kesehatan ini bahkan akan semakin parah dan berujung pada kematian jika yang mengalami dehidrasi adalah ibu hamil

Melansir dari laman medicalnewstoday.com, ibu hamil yang mengalami dehidrasi bisa mengalami masalah komplikasi kehamilan bahkan meningkatkan risiko kematian baik bagi ibu maupun janin di kandungan. Dehidrasi juga rentan menyebabkan keguguran dan bayi lahir prematur. Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk menghidrasi tubuh dengan semaksimal mungkin. 

Tips Menghidrasi Tubuh Saat Hamil

Saat hamil tidak menutup kemungkinan bagi perempuan mengalami morning sickness. Ini bisa saja membuat Mom tidak nafsu makan. Mual dan muntah selama kehamilan bahkan bisa menurunkan minat Mom untuk sekedar minum air putih. Jika Mom tidak nafsu makan dan kurang minum, tentu ini akan meningkatkan risiko dehidrasi. 

Agar tubuh tetap terhidrasi selama hamil, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. 

  1. Jika Mom tidak suka minum air putih karena rasanya yang hambar atau membuat Mom merasa mual, usahakan untuk menambahkan irisan buah ke dalam air putih. Tambahan irisan buah akan menambah rasa air dan membuat air terasa lebih segar. Irisan buah yang bisa ditambahkan antara lain kiwi, lemon, apel, strawberry atau buah mangga yang memiliki aroma segar. 
  2. Jika Mom mengalami morning sickness, usahakan untuk mengonsumsi makanan atau minuman di luar jam-jam Mom merasa mual dan ingin muntah. Cari waktu yang tepat untuk tetap bisa menyantap makanan dan minuman walau dengan porsi yang sangat sedikit. Usahakan juga untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang ramah pada diri Mom sehingga tidak menimbulkan mual. 
  3. Hindari konsumsi kafein atau minuman bersoda. Dua hal ini bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ini juga tidak baik untuk tumbuh kembang janin di kandungan. 
  4. Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan air. Buah dan sayur umumnya lebih ramah dan tidak menyebabkan mual. 

Itulah beberapa tips yang  bisa dilakukan agar tubuh tetap terhidrasi selama hamil. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading