7 Penyebab Influenza dan Cara Menyembuhkan dengan Bahan Alami

Kezia Prasetya Christvidya17 Mei 2022, 09:37 WIB
Diperbarui 17 Mei 2022, 09:37 WIB
Penyebab Influenza

Fimela.com, Jakarta Influenza atau flu adalah penyakit yang menular melalui udara. Penyakit influenza paling sering terjadi karena sistem imunitas tubuh sedang lemah. Sehingga tubuh akan sangat mudah terinfeksi oleh virus. Virus tersebut akan menyebar melalui udara, saat seseorang bersin atau batuk.

Pada umumnya, gejala influenza yang dirasakan adalah sakit tenggorokan, bersin, pilek, demam tinggi, badan terasa pegal-pegal, nafsu makan hilang, sakit kepala, dan keluar keringat dingin. Jika merasakan gejala tersebut, segera hubungi dokter. Dalam kondisi normal, influenza yang dialami orang dewasa bisa sembuh kurang lebih 3 hari saja.

Walaupun ada beberapa faktor penyebab influenza, tetapi penyakit ini bisa diatasi dengan cara yang alami. Jika influenza tidak segera disembuhkan, maka akan memicu komplikasi penyakit seperti serangan asma, gangguan jantung, infeksi telinga, pneumonia, bronkitis dan COVID-19. Berikut penyebab influenza dan cara menyembuhkannya, dilansir dari berbagai sumber:

Penyebab Influenza

Penyebab Influenza
Ilustrasi Penyebab Influenza Credit: shutterstock.com

1. Memiliki Riwayat Penyakit Kronis

Penyebab influenza dapat terjadi karena seseorang memiliki riwayat penyakit kronis. Salah satunya penyakit yang menyebabkan sering flu adalah pneumonia. Sahabat Fimela harus mewaspadai penyakit ini. Karena penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi yang menghilangkan nyawa.

2. Dehidrasi

Dehidrasi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Saat mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka sistem imunitas tubuh akan menurun. Hal ini menyebabkan otak dan organ tubuh mengalami penurunan fungsi, sehingga tidak bisa menyerang virus yang masuk ke dalam tubuh dan mengakibatkan influenza. Sebaiknya konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, untuk mengatasi dehidrasi.

3. Kekurangan Vitamin D

Pada dasarnya vitamin D memiliki manfaat untuk menguatkan tulang. Tetapi vitamin ini juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu mencegah peradangan pada sistem pernapasan. Sehingga kekurangan Vitamin D akan membuat orang menjadi influenza. Vitamin D mudah didapatkan dengan berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari.

4. Alergi Dingin

Bagi orang yang memiliki alergi dingin, maka bisa mengalami gejala influenza seperti bersin, badan demam hingga pilek. Usahakan menjaga kehangatan tubuh pada saat cuaca sedang dingin, agar tidak mengalami influenza berkepanjangan. Hindari juga mengonsumsi makanan dan minuman yang dingin.

Penyebab Influenza

Penyebab Influenza
Ilustrasi Penyebab Influenza Credit: pexels.com/Retmo

5. Sering Mengonsumsi Makanan Berlemak

Mengonsumsi makanan berlemak juga berisiko menyebabkan penyakit influenza. Makanan yang berlemak seperti gorengan, memiliki kandungan minyak jenuh yang sangat tinggi. Kandungan tersebut bisa menyebabkan radang ternggorokan dan influenza. Bahkan lemak jahat yang dikonsumsi bisa menyebabkan penyakit jantung.

6. Sering Pulang Malam

Jika Sahabat Fimela sering pulang malam, maka akan berisiko terkena penyakit influenza. Udara pada malam hari sangat dingin, dan angin malam sangat tidak baik untuk kesehatan. Kondisi ini bisa menyebabkan sistem imunitas menurun, sehingga orang yang sering pulang malam akan berisiko terkena flu. Gunakan pakaian hangat saat pergi di malam hari.

7. Terlalu Stres

Terakhir, jagalah kesehatan mental agar tidak terlalu stres. Karena terlalu stres bisa mengakibatkan sistem imunitas tubuh menjadi lemah. Stres akan membuat seseorang mudah terinfeksi virus dan menjadi penyebab influenza. Jika memiliki beban pikiran yang berat, segera cari waktu luang untuk mengistirahatkan pikiranmu.

Cara Menyembuhkan dengan Bahan Alami

Wedang Jahe
Ilustrasi/copyrightshutterstock/vanillaechoes

1. Wedang Jahe

Jika sedang mengalami influenza, wedang jahe akan membantu menghangatkan badan dan meredakan peradangan. Kamu bisa membakar jahe terlebih dahulu sebentar saja, agar jahe lebih halus. Kemudian keprak jahe dan sereh. Taruh jahe dan sereh di dalam cangkir, tambahkan kayu manis dan gula atau madu. Lalu tuang air panas dan sajikan selagi hangat.

2. Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah minuman yang dibuat dari berbagai rempah-rempah. Wedang uwuh bisa membantu menyembuhkan influenza. Karena wedang uwuh memiliki manfaat yang bisa membantu menghangatkan badan, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Cara membuatnya kupas jahe, kemudian iris tipis. Masukkan jahe, kayu manis, cengkih, biji pala, serai, daun jeruk dan daun pandan ke panci. Kemudian tuangkan air, lalu rebus selama 20 menit. Masukkan gula dan daun secang, rebus kembali hingga mendidih. Tuangkan ke gelas saji dan sajikan selagi hangat.

3. Wedang Bajigur

Wedag bajigur juga cocok untuk menyembuhkan influenza. Bahan utama dari wedang bajigur adalah minuman ini adalah santan yang diberi rempah-rempah, serta menggunakan gula merah atau gula jawa. Biasanya wedang bajigur juga disajikan dengan roti tawar. Cara membuatnya dengan mendidihkan air bersama gula jawa, cengkeh, kayu manis dan pandan hingga aroma nya wangi dan gula leleh. Tambahkan kopi dan aduk rata. Lalu saring dan tuang kembali dalam panci. Tambahkan santan dan masak hingga mendidih. Koreksi rasa untuk manis dan gurihnya. Terakhir tambahkan irisan kelapa.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela