Sukses

Health

Pahami Istilah Body-Focused Repetitive Behaviors dan Jenisnya

Fimela.com, Jakarta Body-Focused Repetitive Behaviors (BFRBs) merupakan kondisi atau keadaan seseorang yang ditandai dengan adanya dorongan intens oleh seseorang untuk menggigit, menggaruk, dan mencabut bagian tubuh tertentu secara berulang dan seringkali dilakukan secara tidak sadar atau reflek. Jika diteruskan, maka kebiasaan yang sulit dikontrol ini dapat menimbulkan luka pada bagian tubuh yang digigit, digaruk, dan dicabut. 

Kebiasaan ini biasanya disebabkan oleh faktor psikologis seseorang yang umumnya dimulai sejak kecil, ada yang dapat berhenti namun ada juga yang terbawa hingga dewasa. Secara psikologis, perilaku berulang seperti Body-Focused Repetitive Behaviors yang sulit dihentikan biasanya diakibatkan adanya kecemasan dalam diri individu. Selain itu, kebiasaan ini dapat terus berlanjut dikarenakan adanya kepuasan tertentu bagi individu tersebut.

Body-Focused Repetitive Behaviors (BFRBs) biasanya terjadi pada kuku, kulit, mulut, dan rambut. Untuk itu, kenali istilah dan jenis BFRBs pada bagian tubuh tersebut, jangan-jangan kamu juga mengalaminya.

Kuku

Body-Focused Repetitive Behaviors (BFRBs) yang terjadi pada kuku biasa ada dua hal, yang pertama adalah Onychophagia yaitu kebiasaan menggigit kuku dan Onychotillomania yaitu kebiasaan mencabut kuku. 

 

Kulit

BFRBs pada kulit biasanya berupa dua hal yaitu Dermatillomania yaitu kebiasaan memencet jerawat, komedo, atau kutil, dan menggaruk bekas luka ataupun kulit sehat. Yang kedua adalah Dermatophagia yaitu kebiasaan menggigit dan memakan kulit yang biasanya merupakan kulit sekitar kuku jari yang terkelupas atau kulit bibir yang kering. 

Mulut

BFRBs pada mulut biasanya berupa Morsicatio Buccarum yaitu kebiasaan menggigit atau mengunyah pipi bagian dalam, Morsicatio Labiorum yaitu kebiasaan menggigit atau mengunyah bibir, dan Morsicatio Linguarum yaitu kebiasaan menggigit atau mengunyah lidah yang biasanya akan menimbulkan benjolan kecil di lidah akibat digigit secara terus menerus. 

Rambut

BFRBs pada rambut biasanya memiliki bentuk tindakan berupa Trichophagia yaitu kebiasaan memakan atau mengunyah rambut yang masih mengakar di kepala, Trichotemnomania yaitu kebiasaan memotong atau mematahkan rambut dengan menggunakan tangan, dan Trichotillomania yaitu kebiasaan mencabut rambut dari kulit kepala yang memungkinkan menyebabkan kebotakan.

Melihat empat tipe BFRBs yang sering dijumpai tersebut, dapat dilihat bahwa hal tersebut merupakan hal yang perlu ditangani dengan serius terlebih bila kebiasaan tersebut terbawa hingga dewasa. Hal ini dikarenakan jika kebiasaan tersebut tidak ditangani, maka kebiasaan tersebut dapat menimbulkan luka, infeksi, dan bahkan kecacatan fisik pada seseorang. Indikasi utama dari BFRBs merupakan ekspresi dari gangguan kecemasan sehingga untuk mengatasinya, kamu dapat mengunjungi psikolog untuk menyelesaikan masalah kecemasan, atau hal lainnya yang menyebabkan kebiasaan BFRBs pada dirimu. Jangan tunggu hingga semakin parah ya

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading