6 Penyebab Lidah Kebas yang Bikin Tak Nyaman Saat Makan

Vania Al kautsar23 Mei 2022, 11:09 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 11:22 WIB
Makanan - Vania

Fimela.com, Jakarta Kebas merupakan salah salah satu sensasi yang mungkin sering kita rasakan pada bagian tubuh tertentu, perasaan ini terkadang akan membuat seseorang mati ras pada bagian tubuhnya. Selain itu perasaan kebas atau mati rasa pada bagian tubuh tertentu akan membuat seseorang mengalami sensasi kesemutan atau mungkin tersengat. Pernahkah kamu merasakan kebas pada bagian lidah? Perasaan ini tentu membuat kita tidak nyaman saat mengkonsumsi makanan maupun minuman.

Ada banyak penyebab saat lidah mengalami kebas atau mati rasa salah satunya yaitu kondisi yang dikenal sebagai Raynaud Primer, atau kelainan yang biasanya dapat mempengaruhi alirah darah ke jari tangan, kaki, maupun bibir dan lidah. Ketika lidah kita menjadi sangat dingin atau mungkin kamu mengalami Stress maka arteri dan vena kecil yang akan membawa darah menjadi lebih sempit.

Lidah yang kebas biasanya akan mengganggu akan tetapi tidak berbahaya, ada beberapa penyebab dari masalah ini bukan dikarenakan masalah kesehatan yang serius. Berikut beberapa penjelasan dari penyebab lidah kebas yang mungkin kamu alami:

1. Reaksi Alergi

Hilang Nafsu Makan - Vania
Ilustrasi Hilang Nafsu Makan/https://www.shutterstock.com/Pormezz

Reaksi alergi terhadap makanan, bahan kimia, atau minuman tertentu dapat membuat lidah menjadi bengkak, gatal, dan kesemutan. Alergi makanan dapat terkadi ketika sistem kekebalan tubuh menjadi berfikir bahwa makanan yang kamu konsumsi dapat berbahaya. Makanan yang paling umum dan sering memicu terjadinya alergi adalah:

  • Telur.
  • Kacang tanah atau kacang polong.
  • Ikan.
  • Kerang.
  • Susu.
  • Gandum.
  • Kedelai.

Jika kamu merasakan lidah atau mulut yang kesemutan setelah mengkosumsi makanan tertentu maka hindarilah makanan tersebut, selain itu mengkonsumsi makanan yang membuat kamu alergi dapat mengindikasikan beberapa gejala di bawah ini:

  • Mengi atau kesulitan bernapas.
  • Suara serak atau tenggorokan sesak.
  • Bibir atau mulut bengkak.
  • Gatal-gatal.
  • Kesulitan menelan.

2. Sariawan

Penyebab Sariawan
Ilustrasi Penyebab Sariawan Credit: pexels.com/Paula

Sariawan merupakan luka kecil yang biasanya terdapat di sekitar lidah, dalam pipi, maupun gusi. Meski belum diketahui dengan jelas apa yang menyebabkan sariawan akan tetapi ada beberapa hal yang membuat seseorang mengalaminya seperti luka ringan pada mulut, perubahan hormonal, birus, alergi, maupun kepekaan terhadap makanan yang memunculkan reaksi alergi.

Sariawan meskipun kecil tetapi cukup menyakitkan dan membuat seseorang yang mengalaminya akan kesulitan untuk mengunyah makanan. Ketika kamu sedang mengalami sariawan maka hindarilah makanan pedas, asam, atau mungkin renyah yang dapat menambah rasa sakit sariawan. Meskipun begitu tetapi sariawan yang mungkin kamu rasakan akan menghilang dengan sendirinya.

3. Hipoglikemia

Tenggorokan - Vania
Ilustrasi Sakit Tenggorokan/https://www.shutterstock.com/goodluz

Hipoglikemia akan terjadi ketika gula darah turun di bawah tingkat yang aman, seseorang yang mengalami diabetes ternyata dapat merasakan hipoglikemik jika mereka melewatkan waktu makan atau mengkonsumsi terlalu banyak insulin atau obat diabetes tertentu lainnya. Berikut beberapa gejala yang dapat kamu alami:

  • Merasa sangat lapar.
  • Merasa lelah maupun lemah.
  • Berkeringat.
  • Pusing.

Ternyata makan atau minum sesuatu yang mengandung gula dapat membantu mengembalikan gula darah menjadi normal jika kamu memilikinya terlalu rendah.

4. Hipokalsemia

Tenggorokan - Vania
Ilustrasi Sakit Tenggorokan/https://www.shutterstock.com/Ahmet Misirligul

Hipokalsemia, tingkat kalsium dalam darah akan turun jauh di bawah normal meskipun terkadang dapat menyebabkan kesemutan di lidah maupun bibir. Hipokalsemia juga memiliki banyak kemungkinan penyebabnya yang termasuk di bawah ini:

  • Hormon paratiroid rendah.
  • Tingkar magnesium rendah.
  • Kadar vitamin D rendah.

5. Kekurangan Vitamin B

Hilang Nafsu Makan - Vania
Ilustrasi Hilang Nafsu Makan/https://www.shutterstock.com/Rawpixel.com

Memiliki kadar vitamin B-12 atau vitamin B-9 yang rendah ternyata dapat membuat lidah terasa sangat sakit dan bengkak, selain itu hal ini juga dapat mempengaruhi indera perasa kita. Selain itu kemungkinan kamu akan merasakan sensasi kesemutan di lidah, tangan, dan kaki. Pada saat yang bersamaan mungkin kamu akan merasakan lelah sepanjang waktu karena kekurangan vitamin B.

Untuk itu kamu perlu mengkonsumi makanan atau minuman yang mengandung sumber baik dari vitamin B-12 adalah ikan, daging, telur, dan susu. Sedangkan sumber yang baik dari vitamin B-9 adalah sayuran berdaun, sayuran hijau, kacang-kacangan, kacang tanah, dan jus tomat serta jeruk.

6. Migrain

Pusing - Vania
Ilustrasi Pusing/https://www.shutterstock.com/CGN089

Ternyata migrain yang terjadi dan kamu kamu alami dapat menyebabkan lidah kebas atau mati rasa, sensasi ini terkadang akan membuat seseorang mengalami kesemutan di lengan, wajah, bibir, dan lidah. Migrain yang kamu rasakan mungkin akan mengalami beberapa gangguan pusing maupun pengihatan.

Lidah kebas atau mati rasa mungkin akan membuat banyak orang tak nyaman dan kesulitan untuk merasakan sebuah makanan, selain itu perasaan ini juga akan membuat seseorang mengalami perasaan kesemutan atau rasa seperti tertusuk jarum di bagian tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela