Sukses

Health

6 Penyebab Telapak Kaki Merah yang Sering Disepelekan

Fimela.com, Jakarta Kemerahan pada kaki maupun telapak kaki biasanya disebabkan oleh infeksi kulit atau infeksi jamur yang mungkin kita alami, jenis infeksi ini yang paling umum menandakan adanya bintik-bintik merah pada kaki.

Kaki tentu bagian tubuh yang kita andalkan untuk melakukan kerja kerasanya seperi berjalan, berdiri, berlari, dan mendukung tubuh untuk melakukan kegiatan di sepanjang harinya. Selain itu kaki juga terdiri dari beberapa bagian yang kompleks termasuk tulang, kulit, tulang rawan, dan otot yang dapat mempengaruhi kemerahan pada kaki.

Tentu akan ada penyebab dari telapak kaki menjadi merah yang mungkin terjadi pada kamu, terkadang penyebab kemerahan pada kaki tidak berbahaya. Beberapa diantaranya dapat diobati dengan mudah adapula yang membutuhkan dokter untuk penanganannya, berikut beberapa penyebab telapak kaki merah yang mungkin terjadi pada kamu:

1. Penyebab Inflamasi

Kemerahan pada telapak kaki dapat disebabkan oleh peradangan yang merupakan sebuah repons dalan tubuh terhadap cedera atau infeksi yang dialami. Terkadang kulit yang kemerahan menandakan infeksi dan beberapa jenisnya, termasuk bakteri dan jamur yang dapat masuk melalui celah kecil di kulit dan menyebabkan selulitis atau peradangan pada kulit.

2. Alergen

Ketika kita mengalami alergi terhadap zat tertentu maka tubuh akan memberikan reaksi alergi pada kulit serta paparannya yang dapat menyebabkan kulit menjadi merah dan teriritasi. Bisa jadi kamu alergi terhadap zat nikel, ivy, dan sumac.

3. Iritan

Sabun, lotion, kosmetik, dan beberapa zat lainnya juga dapat menyebabkan kemerahan pada telapak kaki maupun area tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan bahan dari zat tersebut mengenai bagian tubuh atau tekontak dengan kulit dalam waktu yang cukup lama.

4. Panas

Paparan sinar matahari terkadang dapat memberikan efek yang buruk jika terlalu lama, beberapa paparan yang ekstrem dapat menyebabkan luka bakar dan membuat kemerahan pada kaki dan terkadang akan memburuk dalam waktu yang lama.

5. Vena yang Tersumbat

Penyumbatah pada vena yang mengarah ke bagian kaki disebut sebagai deep vein thrombosis. Trombosis vena dalam (TVD) juga dapat disebabkan oleh penyumbatan pada aliran darah yang mengarah ke bagian betis serta kaki yang kemerahan, bengkak, hangat, bahkan hingga nyeri.

6. Penyebab Traumatis

Trauma pada kaki ternyata dapat menjadi salah satu penyebab kemerahan pada kaki, jika kamu mengalami cedera pada tulang, sendi, ligament, atau tendon yang membentuk kaki maka dapat membuat tubuh mengalami reaksi terhadap trauma.

Ada beberapa penyebab dari telapak kaki yang menjadi kemerahan, meskipun dapat hilang dengan sendirinya tetapi kamu perlu periksa ke dokter jika mendapatkan gejala lain dari telapak kaki yang berwarna merah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading