Sukses

Health

Apa Penyebab Kencing Terus Menerus? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Ada banyak penyebab mengapa kita sering kencing terus menerus terutama pada perempuan, penyebab yang paling umum dari kencing terus menerus ada minum air yang terlalu banyak. Kencing atau buang air kecil merupakan sebuah proses alami dari tubuh di mana kita akan buang cairan berlebih, racun, dan beberapa zat sisa metabolisme dari dalam tubuh.

Tentu hal ini sangat baik untuk tubuh dan tidak baik jika kamu menahannya. Pernahkah kamu menahan buang air kecil? Ketika dalam keadaan darurat dan jauh dari kamar mandi tentu kita tidak mau akan menahan buang air kecil.

Menahan buang air kecil sendiri dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih selain itu akan memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh. Bagaimana jika ingin terus menerus buang air kecil? Berikut beberapa penyebab kencing terus yang sering terjadi:

1. Minum Cairan Berlebihan

Penyebab paling umum dari buang air kecil terus menerus adalah minum cairan yang berlebihan, semakin banyak cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh maka akan semakin banyak cairan yang dibutuhkan untuk keluar. Terutama saat kamu minum alkohol maupun minuman berkafein dalam jumlah yang berlebihan.

2. Infeksi Saluran Kemih, Ginjal, dan Kandung Kemih

Selain itu salah satu penyebab paling umum dari sering kencing adalah infeksi saluran kemih, hal ini lebih banyak terjadi oleh perempuan diantaranya pada umur 20 tahun. Infeksi saluran kemih sendiri disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih dari hubungan seks wall atau menyeka yang tidak benar saat menggunakan toilet. Jenis dari infeksi saluran kemih yang spesifik adalah infeksi ginjal yang berkembang di kandung kemih atau uretra dan berpindah ke ginjal.

3. Tingkat Esterogen yang Rendah

Tingkat estrogen seorang perempuan bisa lebih rendah dari biasanya karena banyak alasan termasuk faktor genetik, ketidakseimbangan hormon, gangguan makan, penyakit ginjal yang kronis, menopause, dan olahraga yang berlebihan.

Estrogen sendiri merupakan hormon yang dapat membantu melapisi kandung kemih ketika tidak diproduksi lagi maka perempuan yang memasuki masa menopause mungkin akan mengalami lebih banyak urgensi dan frekuensi buang air kecil. Hal inilah yang terkadang akan buat seorang perempuan mengalami kencing terus menurus di malam hari.

4. Obat-Obatan Tertentu

Beberapa obat yang kita konsumsi belum memiliki efek samping tersendiri termasuk efek samping yang paling umum dialami oleh perempuan adalah sering buang air kecil. Obat obatan yang memiliki efek samping satu ini adalah relaksan otot, obat Penenang, dan diuretik. Diuretik seperti obat pereda Retensi air yang sering diresepkan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Wajar saja ketika kita mengkonsumsi obatan tertentu akan lebih sering mengalami buang air kecil.

5. Vaginitis

Vaginitis merupakan peradangan pada vagina yang terjadi penyebab buang air kecil berlebihan. Jenis dari vaginitis adalah infeksi jamur, trikomoniasis, dan vaginitis bakteri selain itu mungkin saja kamu akan mengalami bau yang tidak biasa di area vagina, nggak tahu, dan keputihan. Untuk mengetahui atau mendiagnosis vaginitis kamu perlu memeriksa ke dokter.

Itulah beberapa penyebab sering kencing terus menerus yang mungkin kamu alami, beberapa kondisi diatas terkadang menandakan adanya masalah serius tetapi beberapa diantaranya mungkin menunjukkan bahwa kamu lebih sering mengkonsumsi minuman beralkohol maupun kafein. Jika kamu merasakan beberapa gejala yang terkait dari buang air kecil terus menerus dapat periksa ke dokter agar mendapat perawatan dan penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading