Area Sensitif dan Banyak Ujung Saraf, Ini Cara Paling Aman dan Tepat Membersihkan Telinga

Annissa Wulan01 Jul 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 19:00 WIB
Cara Paling Aman dan Tepat Membersihkan Telinga

Fimela.com, Jakarta Tubuh memproduksi semua jenis zat dan orang-orang memiliki tingkat toleransi yang berbeda terhadapnya. Salah satu yang bisa sangat mengganggu adalah kotoran telinga.

Tapi percaya atau tidak, zat ini sebenarnya memiliki tujuan dan kamu harus berhati-hati saat mengeluarkannya. Dilansir dari huffpost.com, para ahli menguraikan apa yang perlu diketahui tentang membersihkan telinga sendiri.

Pertama-tama, kamu mungkin tidak perlu membersihkan telinga. Kebanyakan orang tidak perlu menghilangkan kotoran telinga mereka, karena kotoran tersebut sebenarnya adalah lapisan pelindung saluran telinga.

Ini adalah agen waterproofing dan memiliki sifat anti-mikroba, yang membantu mencegah infeksi telinga luar. Selain melindungi telinga dari kerusakan air dan infeksi, kotoran telinga juga melumasi telinga, mencegah area tersebut dari rasa kering dan gatal.

 

 

Tips membersihkan telinga

Cara Paling Aman dan Tepat Membersihkan Telinga
Simak di sini cara paling aman dan tepat membersihkan telinga.

Dan seperti bagian tubuh lainnya, telinga membersihkan diri mereka sendiri, jadi kamu tidak perlu membasuh bagian dalam. Kotoran telinga adalah kombinasi kulit dan minyak.

Kulit bermigrasi keluar dari gendang telinga ke bagian luar saluran telinga dan ketika sel-sel kulit mati yang bermigrasi itu bercampur dengan kelenjar minyak saluran telinga di jalan keluar, di situlah kotoran telinga muncul. Beberapa orang memiliki masalah migrasi, menghasilkan terlalu banyak minyak dengan konsistensi yang tidak normal.

Mereka mungkin rentan terhadap infeksi dan memerlukan intervensi medis untuk menghilangkan kotoran telinga, yang bisa menyumbat telinga dan mengganggu pendengaran. Tapi bagi kebanyakan dari kita, kotoran akan menghilangkan secara alami.

Tubuh memiliki sistem untuk membuat kotoran ini keluar. Saat kamu mengunyah dan berbicara, kulit saluran telinga bergerak dan ini akan mendorong kotoran keluar.

Tips membersihkan telinga

Cara Paling Aman dan Tepat Membersihkan Telinga
Simak di sini cara paling aman dan tepat membersihkan telinga.

Mengganggu sistem ini bisa menyebabkan kotoran masuk dan menumpuk, dan menyumbat saluran telinga. Tapi jika kamu masih mau melakukannya, jangan gunakan cotton buds.

Selain menumpuk kotoran lebih dalam dan berpotensi menyebabkannya terperangkap di telinga, membersihkan telinga dengan cotton buds bisa menyebabkan infeksi telinga luar. Atau jika kamu terbiasa menggunakan ear candle, ini juga bukan ide yang bagus.

Metode yang lebih baik membersihkan telinga jauh lebih sederhana, yaitu fokus saja pada area luar dan kotoran yang sudah keluar. Biarkan tubuh melakukan tugasnya.

Ingatlah bahwa saluran telinga sensitif dan memiliki banyak ujung saraf, sentuhan ringan yang mungkin terasa seperti gelitik di tempat lain bisa sangat menyakitkan di telinga. Temui dokter segera setelah kamu melihat masalah.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela