Amerika Serikat Luncurkan Vaksin Covid-19 Khusus Bayi, Mulai Kapan?

Fimela Reporter24 Jun 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 15:00 WIB
Vaksin Bayi

Fimela.com, Jakarta Kabar menggembirakan datang dari dunia kesehatan. Saat ini, Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat telah merekomendasikan penggunaan vaksin Covid-19 bagi anak usia di atas enam bulan, lho!

Mengutip dari Liputan6.com, Ini artinya, bayi bisa diberikan suntikan vaksinasi Covid-19. CDC sendiri mengizinkan pemberian vaksin Covid-19 tersebut dilakukan mulai pekan depan. 

Izin terbaru itu CDC keluarkan setelah panel penasihat lembaga tersebut. Melalui panel, CDC melakukan pemungutan suara mengenai pemberian rekomendasi terkait penyuntikan vaksin COVID-19 bagi bayi tersebut.

Merek vaksin yang diizinkan

Vaksin Covid-19 Bayi
Ilustrasi bayi. Credits: pexels.com by The Craft Wonder

Selain itu, Badan pengawas dan obat-obatan AS (FDA) mengeluarkan izin penggunaan vaksin buatan Moderna Inc pada anak-anak usia 6 bulan hingga 5 tahun. 

Tak hanya Moderna, izin vaksin berlaku untuk vaksin buatan Pfizer-BioNTech pada anak usia 6 bulan hingga empat tahun. Vaksin Pfizer sendiri sudah terlebih dahulu diizinkan penggunaannya untuk anak di atas 5 tahun.

"Infeksi ini membunuh anak-anak dan kita punya peluang untuk mencegahnya," kata Beth Bell, salah satu dokter pada panel penasihat itu, pasca pemungutan suara dikutip dari Liputan6.com.

Masih banyak anak belum divaksin

Bayi
Ilustrasi bayi yang sudah bisa mendapat vaksin Covid-19 di AS. Credits: pexels.com by Daniel Reche

Orangtua di Amerika Serikat banyak yang menginginkan anak mereka untuk menerima vaksin. Meski begitu, belum ada kejelasan soal seberapa banyak peminat vaksin tersebut.

Sejak Oktober tahun lalu, vaksin Pfizer-BioNTech sudah mengantongi izin penggunaan pada anak usia 5-11 tahun. Namun, menurut data pemerintah federal, hanya sekitar 29 persen anak dari kelompok usia tersebut yang sejauh ini sudah mendapatkan vaksinasi penuh.

Para pejabat kesehatan menekankan, vaksinasi pada anak menjelang tahun ajaran baru penting dilakukan. Mereka berharap, vaksinasi pada kelompok usia tersebut bisa membantu mencegah tingkat perawatan di rumah sakit serta kematian akibat Covid-19 meningkat.

Penulis: Ersya Fadhila Damayanti

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela