10 Sayuran Segar dan Enak Cocok untuk Menu Diet Sehari-Hari

Mimi Rohmitriasih25 Jun 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 25 Jun 2022, 14:45 WIB
makan sayur

Fimela.com, Jakarta Sayuran merupakan makanan yang kaya akan manfaat. Nutrisi dan gizi yang terkandung dalam sayuran sangat baik dalam menunjang tumbuh kembang tubuh. Sayuran juga merupakan makanan yang sangat baik untuk menu diet sehari-hari. 

Melansir dari laman healthline.com, sayuran termasuk ke dalam jenis makanan yang rendah kalori dan karbohidrat. Sayuran mengandung banyak serat yang sangat baik untuk menunjang kesuksesan program diet. Berikut sedikitnya 10 sayuran yang cocok untuk menu diet sehari-hari.

Bayam

Bayam
Ilustrasi Bayam Credit: unsplash.com/Louis

Sayuran pertama yang sangat cocok untuk menu diet adalah bayam. Bayam mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Meski rendah kalori, bayam adalah sumber energi terbaik. Bayam bisa dikonsumsi sebagai salad sayur, masak tumis atau direbus. Pakar diabetes asal Toronto Shahzadi Devje, RD, CDE, MSc juga menyebut jika bayam bagus untuk menjaga kebugaran tubuh, serta memelihara kesehatan secara umum.

Brokoli

Sayuran Brokoli
Ilustrasi Sayuran Brokoli Credit: unsplash.com/Louis

Sayuran satu ini dikatakan sebagai super food karena mengandung berbagai nutrisi terbaik untuk tubuh. Brokoli juga bisa dijadikan menu diet sehari-hari yang tak hanya membuatmu memiliki badan langsing tetapi juga lebih sehat dan berenergi. 

Asparagus

Asparagus
Ilustrasi asparagus. (Pexels.com/Aphiwat chuangchoem)

Sayuran ini memiliki cita rasa yang lebih manis dan tekstur renyah. Asparagus mengandung serat terbaik sehingga menyehatkan sistem pencernaan dan memungkinkan kamu buang air besar secara rutin setiap hari. Asparagus adalah salah satu sayuran terbaik untuk diet. 

Labu Siam

labu siam
ilustrasi labu siam/copyright by Regreto (Shutterstock)

Labu siam kaya nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat. Kandungan kalori, lemak, karbohidrat, dan sodium yang rendah namun tetap padat nutrisi pulalah membuat labu siam jadi sayuran yang cocok dikonsumsi ketika diet. Labu siam bisa diolah dengan cara ditumis atau dikukus.

Kembang Kol

kembang kol
ilustrasi kembang kol/Photo by Irene Kredenets on Unsplash

Kembang kol juga bisa dijadikan menu diet sehari-hari. Secangkir kembang kol hanya mengandung 25 kalori, sehingga kamu bisa makan banyak kembang kol tanpa takut gemuk.

Mentimun

Mentimun
Ilustrasi Mentimun Credit: pexels.com/pixabay

Sayur selanjutnya yang bermanfaat sebagai menu diet sehari-hari adalah mentimun. Sayur ini bisa dikonsumsi secara langsung atau dimasak dulu sebelum dikonsumsi. Mentimun tak hanya bermanfaat menurunkan berat badan tetapi juga bermanfaat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit mematikan lainnya. Mentimun juga mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Paprika

Paprika
Ilustrasi/copyright pixabay.com/RitaE

Paprika juga termasuk ke dalam sayuran yang bisa dijadikan menu diet sehari-hari. Biasanya, paprika dimasak dengan cara ditumis atau direbus. Paprika tak hanya menurunkan berat badan dan melancarkan program diet tetapi juga bermanfaat menyehatkan tubuh secara menyeluruh.

Kale

Sayur kale
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/olepeshkina

Sayur kale adalah sayuran selanjutnya yang cocok dijadikan menu diet sehari-hari. Kale mengandung vitamin A, K, C, B6, kalsium, kalium, dan magnesium yang sangat dibutuhkan tubuh. Kale juga sangat rendah kalori. 

Sawi Hijau

sayur sawi hijau
ilustrasi sawi hijau/copyright By Nutria3000 (Shutterstock)

Kamu bisa mengonsumsi sawi hijau sebagai menu diet sehari-hari. Sawi hijau mengandung banyak nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sawi hijau bisa dimasak dengan cara ditumis, dikukus atau direbus bersama bahan makanan lain seperti daging rendah lemak dan telur.

Kubis

sayur kubis
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Amarita

Kubis adalah sayuran yang bisa dijadikan menu diet sehari-hari selanjutnya. Kubis baik untuk kesehatan fisik maupun psikis. Rasa sayur kubis juga sangat enak saat diolah menjadi berbagai masakan. 

Itulah beberapa sayuran yang bisa dijadikan menu diet sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela