Berat Badan Naik saat Menstruasi? Ini Penyebabnya Menurut Ahli

Fimela Reporter29 Jun 2022, 18:45 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 18:45 WIB
Berat badan naik

Fimela.com, Jakarta Saat menstruasi, ada beberapa perubahan yang dialami perempuan, salah satunya adalah berat badan bertambah. Bertambahnya berat badan adalah perubahan yang paling sering dikeluhkan karena saat menstruasi berat badan bisa bertambah sebanyak 5 kilogram.

Bertambahnya berat badan saat menstruasi umumnya disebabkan karena perubahan hormon. Perubahan kadar hormon estrogen akan mengacaukan kerja hormon ghrelin yang memicu nafsu makan dan leptin yang menekan rasa lapar. Selain hal tersebut, Sahabat Fimela mungkin bertanya-tanya mengapa berat badannya bisa naik. Berikut ini Fimela mengulas penyebab berat badan naik saat menstruasi.

1. Tertahannya Cairan dalam Tubuh

Perut kembung
Berat badan naik saat menstruasi/copyright shutterstock.com

Perubahan kadar hormon estrogen dan progestin yang dialami perempuan saat menstruasi bisa menyebabkan tertahannya cairan dalam tubuh. Saat menahan cairan, perut akan kembung sehingga bisa menyebabkan penambahan berat badan beberapa kilogram.

2. Konsumsi Makanan Manis dan Asin Berlebih

Makan makanan manis
Berat badan naik saat menstruasi/copyright shutterstock.com

Perubahan kadar hormon estrogen saat menstruasi akan menekan nafsu makan. Saat nafsu makan meningkat, keinginan mengonsumsi makanan manis dan asin juga meningkat. Memakan makanan yang terlalu manis dan asin dalam jumlah banyak bisa menyebabkan berat badan bertambah.

3. Konsumsi Kafein Berlebih

Minum kopi
Berat badan naik saat menstruasi/copyright shutterstock.com

Perubahan kadar hormon selama menstruasi bisa menyebabkan keinginan untuk mengonsumsi kafein meningkat. Bukannya mencegah dehidrasi, mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi bisa menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman. Makanan dan minuman berkafein dengan kandungan pemanis buatan bisa memperburuk kenaikan berat badan.

4. Malas Olahraga

Malas olahraga
Berat badan naik saat menstruasi/copyright shutterstock.com

Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga saat menstruasi. Mungkin tubuh terasa lemas dan lesu, tapi kurang bergerak dan beraktifitas fisik bisa menambah berat badan karena tertahannya cairan dalam tubuh. Dengan berolahraga dan berkeringat, cairan dalam tubuh bisa dikurangi dan berat badan naik bisa dicegah.

Itu tadi beberapa penyebab berat badan naik yang kerap kali dialami perempuan saat menstruasi. Jika berat badan naik saat menstruasi, tetap tenang dan lakukan gaya hidup sehat, ya.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia

Lanjutkan Membaca ↓