Apa Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan? Cek Di Sini

Vania Al kautsar01 Jul 2022, 14:22 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 18:21 WIB
Bawang Bombay- Vania

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang suka memasak mungkin tak asing lagi dengan bawang bombay, salah satu bagian dari bumbu dapur yang membuat cita rasa makan makin nikmat ini ternyata memiliki banyak manfaat.

Meskipun sering digunakan untuk menghias makanan atau penambah rasa makanan, tak heran banyak orang yang mengkonsumsi bawang bombay untuk kesehatan. Ada banyak manfaat dibalik bawang bombay yang sering digunakan untuk memasak satu ini.

Bawang Bombay sendiri memiliki kandungan kalori yang rendah, kayak antioksidan, serta vitamin dan mineral. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi bawang bombay untuk kesehatan yang perlu kamu tahu:

1. Membantu Mengontrol Gula Darah

Diabetes
Ilustrasi diabetes/https://www.shutterstock.com/New Africa

Makan bawang bombay ternyata dapat membantu mengontrol gula darah, terutama sangat penting bagi seseorang yang menderita diabetes atau pradiabetes. Mungkin kamu masih khawatir dan perlu berhati-hati saat mengkonsumsi bawang bombay untuk kesehatan, karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsinya.

2. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Rayakan Bulan Kanker Payudara, Denada dan Komunitas Zumba Ingatkan Pentingnya Kesehatan Mental bagi Penyintas
Ilustrasi olahraga Zumba (pexels.com/Miriam Alonso)

Banyak diantara kita tahu bahwa susu dapat meningkatkan kepadatan tulang dan memberikan kesehatan tulang yang baik. Ternyata masih banyak makanan lain, termasuk bawang bombay yang dapat mendukung tulang menjadi kuat. Selain itu mengkonsumsi bawang bombay dapat membantu mengurangi Stress oksidatif, atau meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi pengeroposan tulang dan dapat mencegah osteoporosis serta meningkatkan kepadatan tulang.

3. Mengandung Senyawa Penangkal Kanker

Kanker Serviks
Ilustrasi Kanker Serviks/https://www.shutterstock.com/Siriluk ok

Makan sayuran atau mengkonsumsi bawang seperti bawang putih dan bombay ternyata dapat berkaitan dengan risiko kanker tertentu bahkan yang lebih rendah. Sifat melawan kanker pada bawang inilah yang dikaitkan dengan senyawa belerang dan antioksidan flavonoid yang ditemukan pada sayuran allium.

4. Memiliki Sifat Antibakteri

Sakit - Vania
Ilustrasi Sakit/https://unsplash.com/Engin Akyurt

Bawang ternyata dapat melawan bakteri yang membahayakan tubuh, seoerti Ezheriichia coli (E. coli), Pseudomonas aeruginosa, Staphyhlococcus aereus (S. aureus), dan Bacillus cereus. Selain itu pada diekstraksi pada bawang dapat menjadi salag satu cara untuk melawan adanya bakteri dalam tubuh.

5. Mengandung Antioksidan

segar pagi sehat olahraga
ilustrasi perempuan bahagia tersenyum/takayuki/Shutterstock

Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang dapat menghambat oksidasi atau sebuah proses yang membuat keruskan sel dan berkontribusi terhadap suatu penyakit seperti kanker, diabetes, maupun penyakit jantung lainnya. Selain itu bawang bombay juga dapat menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh, karena mengandung lebih dari 25 jenis antioksidan flavonoid yang berbeda.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

perempuan sehat area intim miss v
ilustrasi pinggul perut rata/goffkein.pro/Shutterstock

Pada bawang bombay ternyata salah satu sumber kaya serat dan prebiotic yang diperlukan untuk kesehatan usus yang optimal. Prebiotik sendiri merupakan salah satu jenis serat yang dapat dicerna dan dipecah oleh bakteri usus, selain itu bakteri usus akan memakan prebiotic dan membuat asam lemak rantai pendek. Asam lemak rantai pendek inilah yang dapat memperkuatan kesehatan usus, meningkatkan kekebalan, serta mengurangi peradangan, dan meningkatkan penercanaan.

7. Baik Untuk Diet

tubuh langsing diet
ilustrasi perempuan sehat olahraga/photo created by senivpetro - www.freepik.com

Mungkin kamu masih asing bahwa bawang bombay dapat menjadi teman diet yang baik, bawang sendiri merupakan salah satu makanan pokok terutama saat memasak. Selain itu bawang bombay dapat sebagai penikmat agar makanan dapat memiliki rasa yang gurih. Kamu dapat menambahkan bawang bombay sebagai menu list diet kamu, karena didalmnya dapat meningkatkan asupan serat, vitamin, dan mineral.

Banyak manfaat di balik bawang bombay yang mungkin belum kita tahu, sayuran kaya akan nutrisi satu ini juga mengandung senyawa kuat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu bawang bombay memiliki sifat antibakteri dan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, terlebih mereka juga dapat digunakan untuk meningkatkan rasa hidangan gurih.

Lanjutkan Membaca ↓