Bikin Fokus dan Mencegah Kecemasan, Ini Alasan Pentingnya Me Time

Mimi Rohmitriasih04 Jul 2022, 12:45 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 13:12 WIB
me time

Fimela.com, Jakarta Me time adalah suatu kegiatan meluangkan waktu untuk menyendiri atau menikmati kesendirian. Me time merupakan upaya sederhana untuk menghabiskan waktu untuk diri sendiri. Meski tidak sedikit orang yang menganggap me time sebagai rasa sepi, me time ternyata memiliki beberapa dampak positif buat mental terlebih untuk melatih fokus dan mencegah kecemasan bahkan Depresi

Sesekali seseorang disarankan untuk bisa meluangkan waktu untuk dirinya sendiri. Bukan untuk menyendiri dan meratapi kesendirian dengan kesedihan, me time adalah cara untuk mencintai dan menghargai diri sendiri dengan lebih baik lagi. Melansir dari laman womenhealth.com, me time yang dilakukan dengan bijak memiliki banyak manfaat buat kesehatan terutama kesehatan mental. Apa saja manfaatnya?

Pikiran Lebih Fokus

Fokus Bekerja Mudah Teralihkan
Ilustrasi Bekerja Credit: unsplash.com/Brooke

Menurut life coach sekaligus trained psychotherapist, Nina Rubin, me time dapat membantu seseorang untuk fokus pada hal-hal sederhana. Me time membantu seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih fokus, terencana dan teliti. 

Ketika kamu sering merasa sangat lelah tapi melupakan hal-hal sederhana seperti mencuci piring, menyiram tanaman dan pekerjaan sederhana lainnya, cobalah untuk mengambil waktu untuk me time sejenak. Cari tahu apa yang membuatmu terlalu lelah dan kenapa hal itu membuatmu sangat lelah. Dengan me time, kamu bisa berpikir lebih fokus dan mencari jalan keluar untuk menyelesaikan hal-hal yang membuatmu merasa sangat lelah. 

Belajar Mencintai Diri Sendiri

ceria baju kuning menari tersenyum mencintai diri sendiri
ilustrasi perempuan bahagia/CHAjAMP/Shutterstock

Manfaat me time selanjutnya adalah mencintai diri sendiri. Ya, dengan me time dan menghabiskan waktu sejenak untuk diri sendiri, kamu akan tahu betapa berharganya dirimu. Kamu akan menyadari bahwa sebelum kamu mencintai dan menghargai orang lain secara lebih, kamu penting mencintai dan menghargai diri sendiri secara lebih pula.

Meredakan dan Mencegah Rasa Cemas

mencintai diri sendiri
Ilustrasi./Copyright unsplash.com

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Personality and Social Psychology Bulletin pada tahun 2018 lalu, disebutkan bahwa me time bermanfaat meredakan dan mencegah rasa cemas berlebih. Para ahli menyebutkan jika me time dan menikmati kesendirian sejenak bermanfaat meredakan stres dan membuang pikiran negatif. Ini berkaitan dengan pikiran yang lebih fokus dan pemikiran yang lebih teliti. 

Itulah beberapa manfaat me time. Semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk memiliki waktu untuk me time sejenak, cintai dan hargai diri sendiri dengan lebih baik lagi.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela