Sukses

Health

5 Penyebab Terlalu Banyak Makan Daging yang Perlu Kamu Hindari

Fimela.com, Jakarta Saat memasuki momen “Iduladha” kita pasti tak heran dengan banyaknya daging yang berada di rumah, daging-daging inilah yang terkadang diolah menjadi berbagai makanan seperti gulai, sate, atau sambal goreng ati.

Banyak daging yang diberikan dan kita terima pada momen iduladha, seperti daging sapi dan kambing. Tetapi, terkadang jika kita mengkonsumsi terlalu banyak daging akan terasa sangat eneg saat memakannya.

Daging kambing maupun sapi sendiri memiliki banyak manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh akan tetapi, terlalu banyak mengkonsumsi daging juga kurang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa penyebab terlalu banyak makan daging kambing dan sapi yang perlu kamu tahu:

1. Dehidrasi

Ternyata terlalu banyak mengkonsumsi daging dapat menigkatkan asam urat dari pemrosesan protein, selain itu terkadang kamu akan merasakan haus atau bahkan sangat haus setelah mengkonsumsi banyak daging. Pastikan jika setelah mengkonsumsi daging untuk minum air putih yang cukup.

2. Menambah Berat Badan

Mungkin saja kamu pernah mendengar bahwa protein adalah salah satu alat utama untuk membuat otot menjadi lebih kencang, terutama jika ditambah dengan olahraga. Meskipun tubuh bergantung pada protein, tetapi terlalu banyak daging dapat memiliki efek samping untuk kesehatan.

3. Sembelit

Daging hampir tidak memiliki serat, mungkin saat mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijan akan menemukan banyak serat. Sembelit dan kesulitan buang air besar merupakan masalah yang kerap sekali terjadi karena disebabkan oleh kekurangan serat dalam tubuh. Jika kamu mengkonsumsi terlalu banyak daging, maka dapat menyebabkan sembelit dan kesulitan buang air besar.

4. Mengantuk

Dalam daging tentu banyak protein, selain itu protein memiliki manfaat yang baik untuk penyedia energi dan bertahan lama. Saat mengkonsumsi terlalu banyak daging terkadang akan membuat seseorang merasakan sangat mengantuk.

5. Kolesterol yang Meningkat

Tak hanya itu, ternyata mengkonsumsi terlalu banyak daging dapat membuat kolesterol meningkat. Daging yang terlalu berlemak, tentu memiliki lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol darah, hal ini tentu dapat memberikan efek yang buruk jika kamu memiliki masalah dengan kolesterol yang tinggi.

Itulah beberapa penyebab terlalu banyak mengkonsumsi daging yang perlu kamu tahu, terlalu banyak mengkonsumsi daging juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Ketika kamu mengalami beberapa gejala setelah makan daging ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading