Sukses

Health

5 Pola Makan Sehat untuk Kulit Bebas Jerawat yang Wajib Dicoba

Fimela.com, Jakarta Menerapkan pola makan sehat sangat penting untuk dilakukan. Saat ini, pedoman makan sehat bukan hanya berdasar 4 sehat 5 sempurna saja, namun juga termasuk makanan pokok ditambah buah dan sayur, lauk-pauk berprotein, susu, serta gula, garam, dan minyak yang dibatasi konsumsinya.

Pola makan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit, termasuk mencegah jerawat. Tahukah jika pola makan yang buruk bisa memperparah jerawat? Lantas, bagaimana cara menjaga pola makan sehat? Berikut tips menjaga pola makan sehat agar kulit sehat dan bebas jerawat.

1. Konsumsi Makanan Anti Peradang

Salah satu penyebab jerawat adalah adanya peradangan pada kulit. Alangkah lebih baik untuk mengonsumsi makanan anti peradang untuk mencegah munculnya jerawat. Makanan anti peradang bisa ditemukan pada biji-bijian, asam lemak omega-3, dan omega-6 seperti ikan laut, minyak ikan, alpukat, kedelai, biji chia, dan minyak kanola.

2. Batasi Asupan Gula

Konsumsi makanan dan minuman manis dengan kandungan glikemik tinggi akan membuat gula darah melonjak naik. Kadar gula darah yang tinggi akan memengaruhi kinerja hormon yang memproduksi minyak. Saat kulit memproduksi minyak berlebih, jerawat akan lebih mudah muncul. Untuk itu, perlu menghindari minuman manis kemasan, es krim, camilan manis, permen, gula-gula, dan soda.

3. Ganti Makanan Olahan dengan Buah dan Sayur

Makanan olahan seperti makanan dalam kemasan dan makanan cepat saji tidak baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung karbohidrat berlebih, tinggi gula, dan kaya akan pengawet. Ganti makanan tidak sehat tersebut dengan memperbanyak porsi buah dan sayur untuk mendapatkan kulit sehat alami.

4. Kurangi Konsumsi Susu dan Produk Olahannya

Kandungan protein whey yang biasa ditemukan pada susu dan produk berbasis susu seperti keju dan yoghurt akan meningkatkan produksi minyak yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit. Namun, jangan terburu-buru mengeliminasi susu dari konsumsi harian. Tidak apa-apa mengonsumsi susu dan produk olahannya asalkan tetap dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Kurang minum air putih akan menyebabkan kulit tidak terhidrasi dengan baik sehingga kulit memproduksi minyak berlebih dan memunculkan jerawat. Biasakan minum air putih 2,5 liter per hari untuk menjaga kelembaban kulit. Air putih akan membuang racun dan menghilangkan kotoran dari dalam tubuh, sehingga bisa mencegah jerawat datang kembali.

Sekian tips pola makan sehat untuk kulit bebas jerawat. Terapkan pola makan di atas dan amati perubahan pada kesehatan kulitmu.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading