Sukses

Health

10 Perubahan yang Dialami Oleh Perempuan Setelah Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan dan persalinan menjadi momen yang sangat mengesankan untuk setiap perempuan. Momen ini bisa menjadi momen yang menandakan jika Mom telah berjuang mengantarkan buah hati ke dunia dana menghadirkannya di tengah-tengah keluarga tercinta. 

Meski perubahan yang terjadi setelah melahirkan kerap membuat Mom merasa sedih, aneh bahkan tidak percaya, pastikan untuk tetap mensyukuri dan bahagia atas perubahan yang terjadi. Apa saja kira-kira perubahan yang terjadi pada perempuan setelah melahirkan? Melansir dari laman theasianparent.com, berikut beberapa perubahan yang terjadi pada perempuan setelah melahirkan.

10 Perubahan Tubuh Setelah Melahirkan

  1. Rambut menjadi lebih rontok. Setelah kehamilan dan melahirkan, biasanya rambut akan mudah rontok. Ini juga sebagai dampak perubahan hormon setelah melahirkan. 
  2. Perut jadi lebih buncit dan keluar stretch mark. Perempuan yang melahirkan dengan operasi caesar akan memiliki luka di perut yang terkadang membuat rasa percaya diri berkurang. 
  3. Kulit wajah akan terlihat kusam atau lebih cerah. Beberapa perempuan akan mengalami jerawat, bintik merah dan komedo di area wajah setelah melahirkan. 
  4. Gigi rentan keropos karena kalsium di dalam tubuh banyak berkurang sebagai efek kehamilan.
  5. Payudara akan berubah karena mulai terisi dengan ASI. Payudara yang semula kencang dan montok saat menyusui bisa berubah jadi lebih kendur setelah selesai menyusui. 
  6. Beberapa perempuan mengalami kaki yang tak semulus sebelum kehamilan. Hal ini disebabkan adanya pembuluh darah yang seperti terlihat dan membakas di kulit kaki. Umumnya hal ini terjadi di kaki bagian betis atau belakang dengkul. 
  7. Wasir. Ya, perempuan setelah melahirkan tidak sedikit yang mengalami wasir karena proses persalinan yang cukup menguras tenaga dan memaksa perempuan mengejan lebih keras. 
  8. Pinggul akan lebih besar dan lebar dari sebelum kehamilan. 
  9. Miss V mengalami perubahan ukuran. Sesaat setelah melahirkan, ukuran miss V mungkin akan lebih lebar dan tak sekencang sebelum kehamilan.
  10. Selain perut yang semakin besar dan buncit, perut pun terlihat menggelambir. Pada perut bagian bawah akan sulit menahan buang air kecil.
  11. Ukuran sepatu akan bertambah lebih besar yakni bertambah satu atau dua ukuran dari sebelum melahirkan dan kehamilan. 

Itulah beberapa perubahan yang sering terjadi pada perempuan setelah melahirkan. Jangan pernah rendah diri dengan perubahan ini. Usahakan untuk senantiasa bangga meski terjadi banyak perubahan setelah melahirkan. Jika memang ingin memiliki berat badan ideal dan bentuk badan lebih baik, miliki olahraga terbaik, istirahat terbaik dan pola hidup terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading