Sukses

Health

4 Penyebab Telinga Seperti Tersumbat yang Bikin Tak Nyaman

Fimela.com, Jakarta Memiliki telinga yang terseumbat tentu membuat tidak nyaman, hal ini terkadang dapat disebabkan oleh banyak hal dan membuat tidak nyaman. Telinga yang tersumbat terkadang dapat meredam dan mendistorsi suara serta mengurangi kapasitas untuk mendengarkan lingkungan sekitar.

Memiliki telinga yang tersumbat tidak hanya menjengkelkan, tetapi terkadang hal ini dapat berkaitan dengan gejala lainnya seperti sakit telinga, gatal, maupun pusing. Penyumbatan pada telinga terkadang tidak terlihat tetapi, dapat kamu rasakan.

Meskipun telinga yang tersumbat membuat tidak nyaman tetapi hal ini ternyata dapat kamu atasi seperti periksa ke dokter THT. Berikut beberapa penyebab telinga seperti tersumbat yang sering terjadi:

1. Penyumbatan Tuba Eustachius

Penyumbatan tuba eustachius sendiri adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan telinga tersumbat, selain itu ternyata tuba eustachius dapat menghubungkan telinga tengah dengan tenggorokan. Cairan satu ini dapat mengalir ke telinga bagian belakang dan tenggorokan. Gejala dari penyumbatan ini dapat kamu rasakan seperti:

  • Pilek.
  • Batuk.
  • Bersin.
  • Sakit tenggorokan.

2. Ketinggian

Beberapa orang yang berada di ketinggian seperti naik gunung, naik pesawat, akan mengalami perubahan tekaan udara yang cepat dan menyebabkan peyumbatan pada telinga. Tuba eustachius ini akan bertanggung jawab untuk menyamakan tekanan di telinga, hal inilah yang terkadang dapat membuat tekanan udara yang terasa di telinga.

3. Kotoran Telinga

Kotoran telinga dapat melindungi telinga dengan membersihkan saluran telinga serta mencegah adanya kotoran yang masuk ke telinga. Lilin biasanya akan melunak, akan tetapi dapat mengeras dan menyebabkan penyumbatan pada telinga. Ketika kotoran telinga membuat penyumbatan telinga, mungkin kamu akan mengalami beberapa gejala di bawah ini:

  • Sakit telinga.
  • Berdenging di telinga.
  • Pusing.

4. Neuroma Akustik

Neuroma akustik merupakan pertumbuhan jinak yang dapat berkembang pada saraf kranial yang mengarah ke telinga bagian dalam otak. Tumor satu ini terkadang akan tumbuh lambat dan kecil, selain itu akan membesar dan memberi banyak tekanan pada saraf di telinga bagian dalam.

Telinga yang tersumbat tentu membuat tidak nyaman, tetapi cukup mudah untuk ditangai sendiri. Selain itu beberapa kasus ini membutuhkan intensitas medis, telinga yang tersumbat tentu mengganggu dan membutuhkan beberapa waktu untuk hilang dan bervariasi tergantung pada masalah dan seberapa cepat untuk mengobatinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading