Sukses

Health

Rajin Membaca dan Menulis Bermanfaat Mencegah Pikun di Usia Tua

Fimela.com, Jakarta Bagi beberapa orang, membaca dan menulis menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Tapi bagi beberapa orang lainnya, membaca dan menulis menjadi aktivitas yang sangat membosankan bahkan begitu dibenci. Padahal nih ya, penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika hobi membaca dan menulis bermanfaat mencegah kepikunan di usia tua. 

Membaca dan menulis juga bermanfaat membuat otak bekerja dengan baik bahkan ketika usia seseorang telah senja. Melansir dari laman liputan6.com, pada momentum Hari Otak Sedunia, dokter spesialis bedah Siloam Hospital Lippo Village (SHLV), dr Petra Octavian P Wahjoepramono, mengingatkan agar masyarakat lebih sadar untuk menjaga kesehatan otak. Dan salah satu cara termudah serta termurahnya adalah dengan membaca serta menulis.

Membaca, Menulis dan Sejenisnya Menyehatkan Otak

Petra mengatakan, “Jadi otak tetap harus dirangsang agar tetap sehat. Misalnya dengan rutin membaca, melukis, berdiskusi atau menjalankan hobi yang bermanfaat dengan tujuan agar kesehatan mental tetap terjaga.” 

Saat kesehatan otak lebih terjaga, ini akan membantu seseorang terhindar dari risiko pikun saat tua. Ini juga membuat seseorang terhindar dari masalah otak lain seperti penurunan kinerja otak atau melambatnya daya pikir. Seseorang yang menjaga kesehatan otaknya dengan baik juga berpotensi memiliki kebahagiaan yang baik dan terhindar dari stres.

Pikun dan Gejalanya

Pada orang yang mengalami pikun, gejala umum yang ditimbulkan adalah kesulitan melakukan aktivitas harian dengan baik, sering hilang ingatan dan sering bingung. Pada beberapa kasus, gejala pikun juga berupa kesulitan menemukan angka dan huruf, mengalami perubahan suasana hati dan mengalami perubahan perilaku. 

Para ahli mengungkapkan jika cara termudah mencegah pikun adalah dengan rutin membaca, menulis, melukis atau melakukan aktivitas yang mengasah kreativitas. Selain itu, olahraga dan istirahat cukup juga sangat diperlukan. Yang terpenting lagi adalah penuhi nutrisi dan gizi tubuh secara baik. Pastikan untuk senantiasa bahagia dan menghindari stres apalagi depresi. 

Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading