Sukses

Health

3 Penyebab Seseorang Mengalami Syok dan Faktor Risiko Serta Gejalanya

Fimela.com, Jakarta Syok merupakan salah satu kondisi yang berbaya, hal ini dapat terjadi karena  tekanan darah menurun sehingga dapat menyebabkan organ-organ di jaringan tubuh tidak mendapatkan aliran darah yang cukup.

Selain itu syok juga dapat terjadi berbagai kalangan usia, pada laki-laki maupun perempuan juga dapat mengalaminya. Ada banyak penyebab dari syok yang mungkin dialami oleh seseorang dan beberapa yang mungkin dapat terjadi.

Ketika seseorang mengalami syok ternyata dibutuhkan penanganan yang tepat, agar tidak bertambah bahaya. Berikut beberapa penyebab seseorang mengalami syok dan faktor risiko yang mungkin perlu kamu tahu:

3 Penyebab Syok

Berikut beberapa penyebab syok pada seseorang yang perlu kamu tahu:

  1. Pembuluh darah yang tidak dapat mengalirkan darah.
  2. Jantung yang sulit untuk memompa darah.
  3. Kurangnya darah saat dialirkan.

Faktor Risiko Syok

Ternyata setiap syok dialami orang akan berbeda, berikut beberapa faktor risiko yang dapat membuat syok semakin meningkat:

  • Syok Kardiogenik : Syok satu ini biasanya dapat terjadi pada lanjut usia (lansia), selain itu hal ini juga dapat terjadi pada seseorang yang menderita penyakit jantung, maupun diabetes.
  • Syok Neurogenik : Sedangkan syok satu ini dapat terjadi pada seseorang yang pernah mengalami cedera tulang belakang atau mungkin mengkonsumsi beberapa oabt-obatan.
  • Syok Anafilatik : Kemudian syok satu ini biasanya dapat terjadi pada seseorang yang mengalami syok anafilatik sebelumnya.

Gejala Syok

Berikut beberapa gejala syok yang mungkin kamu alami:

  • Sesak napas.
  • Kulit berkeringat, dingin, dan pucat.
  • Pusing.
  • Lemas.
  • Jantung berdebar.

Syok mungkin dianggap biasa dan dapat diatasi dengan mudah, tetapi jika kamu merasakan beberapa gejala yang berkaitan dengan syok ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mendapat perawatan dan penanganan yang tepat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading