Sukses

Health

Apa itu Ampela Ayam? Cek Manfaatnya

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Apa itu ampela ayam? Ampela ayam adalah organ pada ayam yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Ampela ayam bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti sambal goreng, semur, temus, opor dan lain sebagainya.

Ampela ayam dapat membantu meningkatkan kesehatan dan baik dikonsumsi untuk MPASI. Walaupun ampela ayam menyehatkan, tetapi terlalu banyak mengonsumsi ampela ayam bisa menyebabkan kolesterol. Sehingga Sahabat Fimela harus mengonsumsi ampela ayam sesuai dengan kebutuhan lemak harian.

Dalam ampela ayam terkandung zat besi, vitamin B3, riboflavin, vitamin B12, seng, fosfor, dan kalium. Ampela ayam memiliki rasa yang sedikit pahit. Tetapi jika diolah dengan benar, akan menjadi makanan yang sangat lezat. Cek manfaat ampela ayam berikut ini:

Manfaat Ampela Ayam

1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Dalam satu buah ampela ayam, memiliki kandungan vitamin B, selenium dan zat besi, yang baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sehingga mengonsumsi ampela ayam bisa membantu menjaga sistem saraf dan melancarkan oksigen di tubuh.

2. Menyeimbangkan Hormon Tubuh

Hormon tubuh yang berubah-ubah bisa menyebabkan tubuh terasa lemas, kepala pusing, mual dan suasana hati yang berubah-ubah. Ternyata ampela ayam memiliki kandungan asam amino esensial yang terdiri dari valin, leusin, lisin, isoleusin, triptofan, treonin, metionin, fenilalanin, histidin dan arginin. Kandungan ini bisa membantu menyeimbangkan hormon di dalam tubuh, menyeimbangkan enzim dan menjaga kesehatan jantung.

3. Sumber Energi untuk Tubuh

Untuk melakukan aktivitas harian, tubuh memerlukan sumber energi agar tidak mudah lemas. Mengonsumsi ampela ayam dapat membantu menambah energi harian. Karena ampela ayam mengandung tinggi protein.

4. Menahan Rasa Lapar

­­­­­­­­­­­­­­­­­­Ampela ayam bisa membantu menahan rasa lapar. Kandungan protein dalam ampela ayam membentuk antibodi dan bisa membantu menurunkan berat badan. Ampela ayam ini cocok dikonsumsi seseorang yang menjalankan program diet.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat mengonsumsi ampela ayam yang terakhir, yaitu bisa membantu menjaga kesehatan otak dan otot. Karena ampela ayam merupakan sumber kolin yang baik untuk tubuh. Untuk itu, ampela ayam sering dijadikan sebagai menu MPASI untuk membantu tubuh kembang bayi.

Anjuran Mengonsumsi Ampela Ayam

Walaupun ampela ayam memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, tetapi harus memperhatikan batasan untuk mengonsumsi ampela ayam. Usahakan untuk mengonsumsi ampela ayam maksimal 3 kali dalam sebulan. Karena berlebihan mengonsumsi ampela ayam bisa meningkatkan kolesterol dan asam urat.

Apalagi untuk ibu yang sedang hamil dan orang lanjut usia. Terlalu banyak mengonsumsi hati ampela ayam bisa membahayakan kandungan ibu hamil. Untuk yang sudah lanjut usia, ampela dapat meningkatkan kolesterol dan beresiko terkena penyakit jantung atau stroke.

Kemudian pastikan untuk memasak ampela ayam sampai matang. Hal ini dilakukan untuk membunuh kuman, bakteri dan virus yang terdapat di dalam ampela ayam. Untuk pemilik kondisi penyakit tertentu juga harus berhati-hati saat mengonsumsi ampela ayam, lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Resep Ampela Ayam Praktis

Bahan yang diperlukan:

  • Hati ayam yang sudah dicuci dan dilumuri garam

Bumbu ulek:

  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • Sedikit jahe
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan dan bumbu dalam satu wadah, biarkan bumbu meresap selama 1 jam.
  2. Kemudian goreng hati ampela ayam sampai matang.
  3. Sajikan dengan taburan cabai bubuk.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading