Sukses

Health

Cara Membuat Oralit dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Diare adalah gangguan pada pencernaan yang membuat tubuh menjadi lemas. Diare bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, karena membuat penderitanya harus sering pergi ke kamar mandi untuk buang air besar. Diare bisa dialami anak-anak maupun dewasa.

Penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini bisa diobati dengan bahan alami ataupun obat. Salah satu obat yang sering dikonsumsi untuk mengobati diare adalah oralit. Oralit adalah Oral Rehydration Salts (ORS), yang terbuat dari gula, garam, dan air putih.

Ada oralit yang dijual secara instan di apotik. Tetapi oralit yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ini, bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan yang sederhana. Berikut cara membuat oralit dan manfaatnya:

Penyebab Diare

1. Intoleran Terhadap Susu Sapi

Penyebab diare yang pertama adalah karena intoleran terhadap produk susu sapi. Apalagi jika produk susu yang dikonsumsi masih mentah, tidak melalui proses pasteurisasi sebelum disajikan. Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik konsumsi produk susu nabati yang juga baik untuk kesehatan.

2. Makanan Terkontaminasi Bakteri

Mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi bakteri, parasit atau jamur, bisa menyebabkan diare. Bakteri yang bisa menyebabkan diare adalah E. coli, Salmonella enterica, Campylobcter, dan Shigella. Pastikan makanan yang dikonsumsi sudah matang dan bersih, agar terhindar dari bakteri tersebut.

3. Adanya Virus

Virus juga bisa menjadi faktor penyebab diare. Virus yang menyebabkan diare adalah flu, norovirus, atau rotavirus. Rotavirus biasanya akan menyerang anak-anak dan menyebabkan diare. Seseorang dapat terserang virus saat sistem imunitas tubuh rendah. Diare yang disebabkan oleh virus ini bisa menular ke orang lain.

4. Riwayat Penyakit Tertentu

Diare juga bisa disebabkan karena seseorang memiliki riwayat penyakit tertentu. Penyakit yang bisa berisiko menjadi penyebab diare adalah asam lambung, sindrom iritasi usus besar, penyakit Crohn, dan penyakit lainnya yang menyerang sistem pencernaan. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan pemeriksaan secara rutin dengan dokter.

5. Makanan Pedas

Walaupun makanan pedas bisa meningkatkan nafsu makan, tetapi makanan pedas yang dikonsumsi saat perut kosong bisa menyebabkan diare. Karena makanan pedas bisa mengiritasi lambung dan usus. Makanan pedas juga membuat sistem imunitas menjadi rendah dan memicu penyakit.

Manfaat Oralit

Pada saat seseorang mengalami diare, akan banyak cairan yang dikeluarkan dan membuat tubuh menjadi dehidrasi. Oralit adalah salah satu obat yang bisa membantu menyembuhkan diare. Karena oralit bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare.

Oralit memiliki manfaat yang bisa mengembalikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. Bahkan oralit dipercaya sama efektifnya dengan cairan infus untuk merawat pasien yang sedang dehidrasi. Oralit adalah minuman yang bisa dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa.

Walaupun oralit memiliki manfaat untuk menyembuhkan diare, tapi sebaiknya perhatikan anjuran meminum oralit. Oralit dapat diminum sebelum atau sesudah makan. Untuk anak berusia 1–5 tahun sebaiknya minum oralit 3 gelas pada 3 jam pertama, kemudian 1 gelas tiap kali buang air besar. Untuk anak berusia 5–12 tahun, minumlah 6 gelas pada 3 jam pertama, kemudian 1½ gelas tiap kali buang air besar. Sedangkan untuk usia dewasa dan anak usia di atas 12 tahun, lebih baik minum sebanyak 12 gelas pada 3 jam pertama, kemudian 2 gelas tiap kali buang air besar.

Cara Membuat Oralit

Bahan:

  • 1/2 sdt garam
  • 8 sdt garam
  • 1 liter air

Cara membuat:

  1. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum membuat oralit, termasuk mencuci semua peralatan yang akan digunakan.
  2. Kemudian buat oralit dengan memasukkan 1/2 sdt garam dapur dan 8 sdt gula pasir ke dalam wadah. Kemudian tambahkan 1 liter air matang.
  3. Aduk rata oralit dengan sendok bersih hingga 1 menit.
  4. Oralit siap untuk diminum.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading