Sukses

Health

3 Cara Menggunakan Kompres Es untuk Menyembuhkan Sakit

Fimela.com, Jakarta Kompres memiliki banyak manfaat yang bisa menyembuhkan penyakit. Karena es memiliki suhu dingin yang dapat mengurangi peradangan. Kompres es sering kali dijadikan sebagai pertolongan pertama untuk menyembuhkan luka.

Tentu saja untuk menyembuhkan sakit, es batu yang digunakan harus yang terbuat dari air bersih. Sebelum dikompres dengan es, pastikan luka atau area yang akan dikompres sudah dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi infeksi berlebih karena kuman atau bakteri.

Cara mengompres luka atau sakit dengan es batu sangat mudah. Sahabat Fimela bisa melakukan sendiri di rumah untuk menyembuhkan penyakit. Berikut cara menggunakan kompres es untuk menyembuhkan sakit:

1. Cara Menggunakan Kompres Es untuk Wajah

Mengompres wajah dengan es batu bisa dilakukan di malam hari agar hasilnya lebih maksimal. Cara mengompres wajah dengan es batu sangatlah mudah. Sahabat Fimela bisa membersihkan wajah terlebih dahulu, lalu bungkus beberapa es batu dengan kain yang lembut. Kompres es batu pada area kulit yang mengalami masalah.

Saat mengompres wajah dengan es batu, lakukan gerakan memutar selama 2 menit. Hal ini dilakukan untuk melancarkan sirkulasi darah di wajah. Setelah itu keringkan wajah dengan kain lembut, lalu lanjutkan dengan menggunakan produk perawatan kulit lainnya.

Es batu yang digunakan untuk mengompres wajah adalah es batu yang bening dan terbuat dari air bersih. Air yang digunakan untuk membuat es batu bisa dari air mineral atau air matang. Es batu yang terbuat dari air tidak matang atau kotor, bisa menyebabkan infeksi pada kulit wajah dan menimbulkan jerawat.

2. Cara Menggunakan Kompres Es untuk Luka Memar

Tak perlu panik saat mengalami luka memar di tubuh. Sebenarnya luka memar akan sembuh dengan sendirinya kurang lebih selama 2 hingga 4 minggu. Luka memar disebabkan karena pembuluh darah kecil di bawah kulit pecah.

Luka memar ini dapat disembuhkan dengan cara mengompres es batu. Tentu saja, Sahabat Fimela harus membersihkan area kulit yang memar terlebih dahulu. Lalu bungkus es batu dengan kain yang lembut, dan kompres selama 15 hingga 20 menit.

Kompres es dapat menyempitkan pembuluh darah yang terluka. Kompres es ini akan mengurangi nyeri dan mempercepat penyembuhan luka yang memar. Luka memar juga bisa dibebat dengan kain yang lembut agar cepat sembuh.

3. Cara Menggunakan Kompres Es untuk Sakit Kepala

Sakit kepala dapat disembuhkan dengan mengompres kepala menggunakan es batu. Cara alami ini sudah sering dilakukan sebagai pertolongan pertama menyembuhkan sakit kepala. Tak hanya di kepala saja. Kompres es ini bisa diletakkan di leher dan bahu untuk mengurangi nyeri akibat sakit kepala.

Cara menggunakannya cukup mudah. Sahabat Fimela perlu menggunakan handuk yang lembut untuk membungkus es batu. Lalu kompres bagian sakit kepala atau bagian yang nyeri.

Kompres es batu dapat dilakukan selama 15 menit. Jika masih merasakan nyeri, sebaiknya berikan jeda sejam sebelum mengompres es batu lagi. Saat sakit berlanjut, segera konsultasikan pada dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading