Berapa Lama Kamu Perlu Berjalan Setiap Hari untuk Mengurangi Risiko Penyakit Jantung?

Annissa Wulan11 Agu 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 17:30 WIB
Berapa Lama Kamu Perlu Berjalan Setiap Hari untuk Mengurangi Risiko Penyakit Jantung?

Fimela.com, Jakarta Berjalan kaki adalah cara ampuh untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Menurut laporan khusus Harvard Health yang diterbitkan pada tahun 2017, berjalan sekitar 21 menit sehari bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 30%.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa berjalan kaki telah terbukti mengurangi risiko diabetes dan kanker, menurunkan tekanan darah dan kolestrol, serta mempertajam mental. Dengan kata lain, berjalan kaki memiliki manfaat kesehatan yang serius. Berjalan secara konsisten adalah bentuk olahraga yang bagus untuk mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan seringkali berkorelasi dengan kebiasaan dan perilaku sehat lainnya.

Berjalan membuat kamu tidak duduk terlalu lama

Berjalan dalam kapasitas apapun membuat kamu tidak duduk dalam waktu lama, yang hanya bisa bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang. Untuk memotivasi, kamu bisa berjalan kaki bersama teman atau sekedar sambil mendengarkan podcast atau lagu-lagu favorit, seperti dilansir dari huffpost.com.

 

Tidak apa-apa jika tidak bisa berjalan selama 21 menit dalam sehari

Berapa Lama Kamu Perlu Berjalan Setiap Hari untuk Mengurangi Risiko Penyakit Jantung?
Simak di sini berapa lama kamu perlu berjalan kaki setiap harinya untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri mungkin tampak sulit saat ini dan tidak apa-apa. Jika kamu tidak bisa berjalan kaki selama 21 menit penuh dalam sehari, seperti yang disarankan, mulailah dengan waktu-waktu yang singkat.

Laporan Harvard Health mencatat bahwa sebuah studi tahun 2014 dari University of Utah menemukan bahwa untuk setiap menit yang kamu gunakan untuk jalan cepat, khusus untuk kaum perempuan, sepanjang hari, mereka menurunkan risiko obesitas sebesar 5%. Jadi mulailah dengan aktivitas yang sederhana, seperti berjalan kaki di sore hari, di sekitar rumah.

Setelah kamu merasa siap, kamu bisa mulai menggabungkan jarak dan intensitas berjalan yang berbeda, seperti perubahan kecepatan dan bukit. Lalu, kamu bisa mempertahankan kebiasaan ini secara konsisten untuk mendapatkan manfaatnya.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela