Sukses

Health

5 Penyebab Radang Tenggorokan yang Bikin Tak Nyaman Saat Makan

Fimela.com, Jakarta Radang tenggorokan sering disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus, selain itu gejala awal dari radang tenggorokan yang dialami oleh seseorang adalah tenggorokan yang sangat sakit maupun sensasi kering pada tenggorokan. Meskipun terkadang membuat tidak nyaman, radang tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya.

Terkadang radang tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 5 hingga 10 hari, tetapi jika kamu mengalami gejala yang serius ada baiknya untuk periksa ke dokter. Ada banyak pantangan saat kamu mengalami radang tenggorokan yang perlu diperhatikan.

Pantangan makanan dari radang tenggorokan adalag kerupuk maupun makanan ringan lainnya yang dapat memperburuk radang tenggorokan. Berikut beberapa penyebab radang tenggorokan yang perlu kamu tahu:

1. Udara

Salah satu hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami radang tenggorokan adalah udara, ketika udara yang sangat panas tentu akan membuat tenggorokan terasa sangat gatal. Hal ini tentu dapat terjadi terutama saat kamu bangun tidur, oleh sebab itu sangat penting mengapa perlu memperhatikan sirkulasi udara sekitar.

2. Alergi

Kemudian salah satu hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami radang tenggorokan adalah alergi yang dialami oleh setiap orang, beberapa orang memiliki alergi yang berbeda dan yang paling sering mereka alergi terhadap jamur, bulu binatang, debu, maupun serbuk sari bunga. Beberapa pemicu alergi inilah yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan pada seseorang.

3. Paparan Polusi Udara

Polusi udara ternyata dapat menyebabkan radang tenggorokan pada seseorang, selain itu jika kamu sering berada di luar ruangan dan terpapar oleh polusi secara terus menerus sangat ada kemungkinan mengalami radang tenggorokan. Selain itu hal ini juga dapat disebabkan oleh mengkonsumsi alkohol maupun rokok yang berlebihan.

4. Otot Tenggorokan yang Tegang

Tahukah kamu? Bahwa berteriak terlalu sering dapat menyebabkan otot tenggorokan menjadi sangat tegang. Selain itu berteriak akan membuat otot tenggorokan menegang dan terjadi radang tenggorokan.

5. GERD

Gerd merupakan salah satu penyait asam lambung dan dapat disebabkan oleh melemahnya katup, selain itu hal ini juga berhubungan dengan sistem pencernaan lambung. Ternyata seseorang yang menderita gerd dapat meningkatkan radang tenggorokan itu sendiri.

Nah, itulah beberapa penyebab radang ternggorokan pada seseorang yang kerap sekali terjadi. Radang tenggorokan inilah yang terkadang membuat banyak orang tak nyaman terutama saat makan, tetapi kamu tak perlu khawatir karena radang tenggorokan yang dialami dapat diatasi dengan beberapa obat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading