Sukses

Health

Apa Penyebab Seseorang Tidak Nafsu Makan? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Siapapun tentu pernah mengalami kehilangan nafsu makan, hal ini karena disebabkan oleh berbagai alasan. Beberapa orang mungkin merasakan tidak ingin makan atau mengalami kehilangan nafsu makan, atau terkadang dapat merasakan rasa mual saat membayangkan makanan.

Selain kehilangan nafsu makan, beberapa orang akan merasakan kelelahan maupun penurunan berat badan dan membuat mereka tidak cukup untuk makan dan menompang tubuh mereka. Ada banyak penyebab yang membuat seseorang mengalami kehilangan nafsu makan.

Nafsu makan yang berkurang tentu dapat membuat tingkat makan menurun pada seseorang, selain itu kehilangan nafsu makan dapat disebabkan oleh stress maupun gangguan perut lainnya. Berikut beberapa penyebab seseorang tidak nafsu makan:

1. Infeksi Virus dan Bakteri

Infeksi virus dan bakteri seperti mengalami flu maupun penyakit perut, hal ini merupakan salah satu alasan yang paling umum seseorang mengalami kehilangan nafsu makan. Selain itu jika kamu mengalami kondisi yang tidak sehat maka tubuh akan melepaskan bahan kimia dan mengatur nafsu makan sebagai bagian dari respons peradangan dan kekebalan.

2. Kondisi Kesehatan Jangka Panjang

Kondisi medis satu ini merupakan kondisi jangka panjang tertentu dan dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang, selain itu berikut beberapa kondisi makan yang dapat membuat seseorang mengalami hilangnya nafsu makan:

  • Sakit kronis.
  • Diabetes.
  • Kondisi pencernaan.

3. Usia

Seiring bertambahnya usia, tentu seseorang akan mengalami perubahan nafsu makan. Orang yang lebih tua biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan yang lebih sedikit dan menyebabkan penurunan berat badan serta kekurangan nutrisi.

4. Faktor Psikologis

Kondisi kesehata mental seseorang ternyata dapat berdampak pada nafsu makan seseorang dan yang mengalami depresi akan jauh lebih sering mengalami kehilangan minat makan dan cenderung mengalami perasaan panik dan cemas. Nafsu makan seseorang akan cenderung menurunan saat mereka mengalami cemas maupun stress.

5. Obat-Obatan

Beberapa obat-obatan terntu ternyata dapat menyebabkan penurunan nafsu makan sebagai efek sampingnya, beberapa obat-obatan yang dikonsumsi tentu memiliki efek samping yang berbeda. Jika kamu mengalami perubahan pola makan atau penurnan nafsu makan setelah mengkonsumsi obat ada baiknya untuk tanyakan ke dokter agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

6. Anorexia Nervosa

Anorexia nervosa merupakan salah satu gangguan makan dan kondisi mental seseorang dan ditandani dengan adanya keinginan untuk menjaga berat badan mereka. Beberapa orang terkadang akan menjaga berat badan mereka serta membatasi asupan makanan maupun olaharaga yang berlebih.

7. Alkohol

Ketergantungan alkohol ternyata dapat membuat beberapa orang mengalami sakit perut maupun merasakan mati rasa dan kesemutan pada tangan maupun kaki. Hal ini ternyata dapat berdampak besar pada nafsu makan seseorang dan diantara mereka dapat mengalami kehilangan nafsu makan.

Nah, itulah beberapa penyebab seseorang mengalami kehilangan nafsu makan yang kerap sekali terjadi. Beberapa masalah itu tentu dapat mempengaruhi berat badan serta kesehatan seseorang. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading