Sukses

Health

Nutrisi dan Manfaat dari Alpukat yang Perlu Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Alpukat adalah buah berwarna hijau dengan rasa manis dan sering dijadikan jus, smoothie, campuran minuman, dan bahkan isian dari sushi. Kita dapat dengan mudah menemukan alpukat di sekitar kita, membuatnya jadi salah satu buah kegemaran masyarakat.

Rupanya buah alpukat ini memiliki banyak manfaat, loh. Mulai dari antiradang hingga mengurangi resiko kanker semua ada di dalam buah berukuran kecil ini. Yuk simak apa saja nutrisi yang terkandung dalam alpukat beserta manfaatnya untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi pada Alpukat

Dikutip dari WebMD, buah alpukat ternyata tinggi akan kalori sehingga direkomendasikan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah kecil. Di dalam satu ons alpukat saja sudah terdapat sebanyak 50 kalori. Namun, selain itu alpukat banyak menawarkan lebih dari 20 vitamin dan mineral. Berikut adalah beberapa nutrisi yang terdapat pada 100 gram alpukat: 

  • 485 mg potassium 
  • 81 mcg folat
  • 0.257 mg vitamin B6
  • 10 mg vitamin C 
  • 2.07 mg vitamin E

Manfaat Alpukat

1. Memperkecil Resiko Kanker

Kandungan folat pada alpukat dapat meminimalisir resiko kanker tertentu seperti kanker prostat dan kanker usus besar. 

2. Mengurangi Radang Sendi dan Osteoporosis

Penelitian menunjukkan bahwa minyak yang didapatkan dari ekstrak alpukat dapat mencegah gejala pada radang sendi. Vitamin K pada alpukat juga dapat memperlambat pengeroposan tulang atau osteoporosis. 

3. Mencegah Depresi

Sebuah studi menunjukkan hubungan antara depresi dan kekurangan folat pada tubuh. Folat dapat membantu menghentikan pembentukan homosistein, sebuah zat yang mampu memperlambat aliran nutrisi ke otak dan meningkatkan depresi. Tingginya kadar folat dalam alpukat dapat membantu mencegah gejala depresi.

4. Menurunkan Peradangan

Kandungan vitamin E pada alpukat dapat menurunkan peradangan dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa peradangan kronis dapat memicu banyak penyakit, seperti diabetes, alzheimer, dan radang sendi. 

5. Mengatasi Masalah Penglihatan

Dua jenis antioksidan pada alpukat yaitu lutein dan zeaxanthin sangat baik untuk untuk kesehatan mata. Mereka membantu melindungi jaringan di mata kamu dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan membantu mencegah katarak.

Alpukat juga memiliki lemak tak jenuh yang berguna untuk melawan kolesterol. Ditambah lagi fakta bahwa alpukat memiliki kandungan gula yang rendah dan kaya serat yang bisa menahan lapar lebih lama sehingga cocok untuk menu diet andalan Sahabat Fimela.

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading