Sukses

Health

Apa Saja Manfaat Daun Ginseng? Simak Cara Mengolahnya

Fimela.com, Jakarta Ginseng adalah salah satu jenis tanaman herbal yang cukup populer di negara Asia seperti Korea, Jepang, dan Tiongkok. Selain di Asia, salah satu negara penghasil tanaman herbal ini adalah Amerika Utara.

Tanaman ini punya banyak manfaat, bahkan banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional. Beberapa manfaat dari ginseng adalah menurunkan kadar gula darah, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mengatasi berbagai penyakit dan kondisi tertentu seperti disfungsi ereksi. 

Rupanya tak hanya ginsengnya saja, namun daun dari ginseng juga punya banyak manfaat. Selain itu, daun ginseng juga bisa diolah dan dikonsumsi. Lalu apa saja manfaat dari daun ginseng? Simak manfaat daun ginseng untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Daun Ginseng

Ekstrak batang daun ginseng mengandung berbagai bahan aktif yang bagus untuk beberapa masalah kesehatan, termasuk:

  • Ginsenosides
  • Polisakarida
  • Triterpenoid
  • Flavonoid
  • Minyak atsiri
  • Alkohol poliasetil
  • Peptida
  • Asam amino
  • Asam lemak

Manfaat Daun Ginseng

1. Mencegah Diabetes

Ekstrak daun ginseng memiliki efek antidiabetes alias kencing manis. Baik daun maupun akar ginseng dapat membantu meningkatkan kandungan basal dan sekresi insulin yang bergantung pada glukosa dalam darah.

2. Meningkatkan Pertumbuhan dan Metabolisme

Menurut penelitian, ginsenosides dalam daun ginseng dapat meningkatkan kandungan protein dan RNA otot dan hati pada tikus, dan mampu mempercepat pertumbuhan pada babi muda. Ginsenosides mungkin memiliki pengaruh langsung pada RNA dan sintesis protein.

Pemberian secara oral ginsenosides ekstrak dari batang daun ginseng secara signifikan dapat menghambat kenaikan total lipid, kolesterol, dan trigliserida pada kelinci. Meski begitu, khasiatnya masih memerlukan lebih banyak penelitian, terutama pada manusia.

3. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Daun ginseng diyakini mampu memperkuat tingkat konsentrasi dan fokus. Daun ginseng mengandung antioksidan yang mampu membantu memerangi radikal bebas yang bisa merusak sel di otak. Sehingga, ginseng pun bisa mencegah demensia, Alzheimer, dan gangguan kognitif lainnya.

4. Mengurangi Stress

Manfaat dari ginseng yang juga bagus untuk tubuh adalah mampu mempengaruhi sistem saraf tubuh dalam berbagai cara, seperti merangsang metabolisme dan menambah tingkat energi. Kedua hal tersebut bisa membantu kurangi stres dan kecemasan yang ada dalam tubuh. Ginseng mengandung senyawa adaptogen yang bertugas dalam hal ini. Adaptogen ini bisa mengganggu kadar hormon yang diproduksi tubuh ketika stres. Sehingga, ginseng mampu mengurangi kadar hormon stres pada tubuh dan membantu membuat suasana hati yang lebih bagus.

5. Mencegah Penuaan Dini

Daun ginseng dapat mencegah proses penuaan dini. Hal ini dikarenakan ginseng memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan di dalamnya mampu mencegah dampak negatif dari radikal bebas pada tubuh yang bisa merusak sel-sel sehat. Selain itu, ia juga bisa menambah sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit jantung.

 

Cara Mengolah Daun Ginseng

Untuk cara pengolahan ginseng sendiri termasuk mudah dan beragam, yaitu bisa dengan menumbuk daunnya, mencampurkannya ke makanan, ditumis, dibuat minuman campuran teh, dan lain-lainnya. Selain itu ginseng juga telah banyak dijual dalam bentuk kapsul atau suplemen yang sehat dan bisa dikonsumsi dengan mudah.

Itu dia beberapa manfaat dari daun ginseng dan cara mengolahnya. Ternyata daun ginseng juga punya banyak manfaat sama halnya seperti ginseng. Kamu bisa mencoba mengolah daun ginseng dan menikmatinya di rumah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading