Sukses

Health

5 Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama

Fimela.com, Jakarta Selama kehamilan setiap Mom pasti ingin menjalani kehamilan yang terbaik agar janin di kandungan tumbuh dan berkembang dengan lebih baik. Dan untuk mendukung kehamilan terbaik tersebut, penting bagi Mom untuk menutrisi tubuh dengan lebih baik dan tepat. Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa makanan yang wajib dikonsumsi selama kehamilan karena memiliki nutrisi terbaik. 

Aneka makanan ini disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan terlebih di trimester pertama demi menunjang tumbuh kembang janin yang lebih baik. Berikut beberapa makanan terbaik untuk ibu hamil di trimester kehamilan pertama.

Asam Folat

Makanan pertama yang penting dikonsumsi selama trimester pertama adalah asam folat. Studi yang diterbitkan di Journal of American Medical Association mengungkapkan jika asam folat adalah nutrisi terpenting selama pertumbuhan dan perkembangan janin di awal kehamilan. 

Asam folat berperan penting dalam menurunkan risiko preemklamsia, keguguran, cacat pada janin hingga risiko autis. Beberapa makanan kaya asam folat antaranya adalah kacang-kacangan, sayuran hijau, buah pepaya, buah alpukat, hati sapi dan telur.

Protein

Makanan selanjutnya yang penting dikonsumsi selama trimester pertama adalah protein. Protein berperan penting dalam memaksimalkan tumbuh kembang janin di kandungan. Protein juga berperan penting dalam menjaga kesehatan Mom secara lebih maksimal. Makanan kaya protein antara lain adalah ikan, telur dan daging-dagingan.

Zat Besi

Makanan yang kaya akan zat besi juga penting dikonsumsi selama kehamilan trimester pertama. Zat besi berperan penting dalam mencegah risiko anemia selama kehamilan. Ini juga berperan penting dalam mencerdaskan otak anak di dalam kandungan. Adapun makanan yang kaya zat besi antaranya kacang-kacangan, daging ayam, tahu, tempe, bayam hingga telur.

Serat

Makanan yang kaya serat juga penting untuk ibu hamil di trimester pertama, kedua maupun ketiga. Serat bisa memaksimalkan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Serat juga bermanfaat mencegah risiko sembelit selama kehamilan. Beberapa makanan yang mengandung serat adalah sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. 

Susu dan Olahannya

Makanan yang penting dikonsumsi di kehamilan trimester pertama adalah susu dan produk olahannya. Susu mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh selama momen kehamilan. Untuk susu, sebaiknya susu yang dikonsumsi adalah susu yang telah dipasteurisasi. Susu segar yang belum diolah dengan baik dan benar dikhawatirkan masih mengandung bakteri dan kuman yang buruk buat janin. 

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi di trimester pertama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Mom, lebih bijak dan hati-hati lagi dalam menjaga kehamilan demi janin maupun diri yang lebih sehat secara fisik pun psikis.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading