Sukses

Health

Terbiasa Jalan Kaki Tanpa Alas Kaki Baik untuk Kesehatan Jantung

Fimela.com, Jakarta Jalan kaki sejauh ini menjadi salah satu olahraga ringan yang memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Karena itu, para ahli kesehatan menyarankan agar setiap orang membiasakan diri beraktivitas sambil jalan kaki. 

Mengutip dari laman prevention.com, jalan kaki yang dilakukan secara rutin akan memperlancar sistem peredaran darah dalam tubuh. Penelitian juga menemukan jika jalan kaki tanpa alas kaki mendukung kesehatan jantung yang lebih baik. Selain baik untuk kesehatan jantung, adakah manfaat lain jalan kaki untuk kesehatan fisik kita?

Manfaat Jalan Kaki untuk Fisik

Associate profesor di Ithaca College School of Health Sciences and Human Performance, Patrick McKeon, PhD mengatakan, jalan kaki terutama tanpa menggunakan alas kaki dan di atas tanah yang berkerikil bermanfaat melancarkan aliran darah. Jalan kaki ini juga bermanfaat memperbaiki keseimbangan dan postur tubuh. Hal ini mengingat jika jalan kaki tanpa alas membuat otot-otot kaki yang biasanya terlindungi oleh sandal ataupun sepatu menjadi terstimulasi.

Para ahli menyebutkan jika orang yang terbiasa jalan kaki tanpa alas akan memiliki jantung yang lebih sehat, berisiko rendah pada nyeri atau peradangan hingga terhindar dari risiko obesitas. Jalan kaki secara rutin memungkinkan seseorang memiliki tekanan darah yang lebih stabil dibandingkan dnegan orang yang jarang jalan kaki atau lebih sering duduk dan rebahan.

Manfaat Jalan Kaki untuk Psikis

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik yang lebih baik, jalan kaki dengan telanjang kaki memungkinkan seseorang memiliki suasana hati yang lebih baik. Saat fisik sehat, psikis pun akan merasa lebih baik. Inilah yang kemudian membuat psikis terjaga dan lebih sehat. Orang yang membiasakan diri jalan kaki dengan telanjang kaki baik di halaman rumah atau di kompleks perumahan akan memiliki suasana hati yang lebih baik. Terlebih jika jalan kaki ini dilakukan di pagi hari saat cuaca masih sangat segar. 

Itulah beberapa manfaat jalan kaki tanpa alas kaki buat kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, makin jangan malas lagi untuk jalan kaki Sahabat Fimela?

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading