Sukses

Health

Simak Penyebab Badan Gemetar dan Jantung Berdebar serta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu mengalami jantung berdebar dan badan gemetar? Terkadang hal ini dialami ketika berada dalam kondisi tertentu, seperti ketakutan atau gugup. Namun bagaimana jika dialami dalam waktu yang lama?

Seperti hal lainnya, sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Begitu juga dengan jantung berdebar dan badan gemetar. Tentunya hal ini membuat kita khawatir dan takut jika nantinya berkaitan dengan kesehatan atau justru merupakan pertanda yang kurang baik untuk kesehatan.

Jantung berdebar dan badan gemetar ini umumnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun bila terjadi secara berlebih dan dalam waktu yang lama apalagi bila sampai menganggu aktivitas sehari-hari tentunya perlu diwaspadai.

Ternyata jantung berdebar dan badan gemetar ini bisa disebabkan karena banyak hal. Berikut akan dijelaskan mengenai penyebab jantung berdebar dan badan gemetar serta cara mengatasinya.

Penyebab Jantung Berdebar dan Badan Gemetar

Inilah beberapa kondisi yang membuat jantung berdebar dan badan gemetar:

1. Stres

Salah satu penyebab jantung berdebar dan badan gemetar yang paling umum adalah stres. Keduanya merupakan reaksi otomatis tubuh untuk menanggapi peningkatan hormon stres adrenalin dan kortisol yang dilepaskan otak ketika merasa terancam. Biasanya gejala tersebut juga dibarengi dengan muncul keringat dingin dan perasaan gelisah tidak karuan.

2. Serangan panik (Panic attack)

Serangan panik atau panic attack adalah gangguan psikologis yang ditandai dengan kepanikan spontan tanpa alasan atau pemicu yang jelas, bukan sebagai reaksi dari sebuah situasi penuh stres. Gejala serangan panik umumnya meliputi jantung berdebar kencang dan badan gemetar menggigil, berkeringat dingin deras, kesulitan bernapas, hingga depersonalisasi (perasaan terpisah dari tubuh atau kenyataan).

Perbedaan antara panik biasa dan panic attack adalah setelah serangan panik, seseorang akan mengalami teror kecemasan dan kekhawatiran berat akan munculnya serangan panik selanjutnya. Panik biasa akan cepat mereda begitu pemicunya hilang.

3. Gula darah rendah

Kondisi gula darah rendah atau hipoglikemia dapat menyebabkan jantung berdebar kencang dan badan gemetar. Hal ini disebabkan karena otak, saraf, dan otot tubuh kehilangan banyak bahan bakarnya untuk bisa beroperasi. Pada orang yang sehat dan tidak memiliki pradiabetes atau diabetes, kadar gula normal bisa berkisar antara 100 mg/dL (saat sedang tidak makan; dalam keadaan istirahat) hingga di bawah 140 mg/dl setelah makan. Hipoglikemia terjadi ketika gula darah Anda merosot jauh hingga di bawah 70mg/dL.

4. Hipertiroid

Hipertiroid adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroid. Ketika kelenjar tiroid terlalu aktif, maka seluruh tubuh Anda akan bekerja cepat yang dapat menyebabkan Anda mengalami kesulitan tidur, jantung berdetak lebih cepat, dan tangan gemetar.

5. Konsumsi kafein berlebih

Kafein dosis tinggi bisa jadi salah satu penyebab yang membuat jantung berdebar kencang sampai badan gemetar. Hal ini dikarenakan kafein adalah zat stimulan yang merangsang saraf pusat otak untuk bekerja lebih keras. Sistem saraf pusat berfungsi sebagai pusat perintah bagi seluruh fungsi tubuh, termasuk menghasilkan hormon adrenalin dan mengatur kerja jantung.

Cara Mengatasinya

Tentunya jantung berdebar dan badan gemetar bisa diatasi. Namun sebelum mencari cara mengatasinya, terlebih dahulu kamu harus tahu apa yang menyebabkan kondisi ini. Kemudian barulah kamu bisa mengatasinya sesuai dengan penyebabnya. Berikut cara mengatasi jantung berdebar dan badan gemetar yang kamu alami:

1. Kelola stres

Jika jantung berdebar dan badan gemetar yang kamu alami disebabkan karena terlalu stres, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan mengelola stres tersebut dengan baik. Cobalah untuk beristirahat sejenak dari rutinitasmu. Kamu bisa berlibur sejenak atau melakukan aktivitas yang kamu senangi untuk mengurangi rasa stres yang kamu rasakan.

2. Latihan pernapasan

Kamu juga bisa menenangkan diri dengan mencoba melatih pernapasanmu. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar mengatur napas, seperti meditasi, yoga, atau tai chi. Cara ini dapat membantu menenangkan otot-otot tubuh yang tegang, termasuk otot pada jantung. Cara ini bisa kamu lakukan ketika kamu merasa stres atau serangan panik melandamu.

3. Tingkatkan gula darah

Salah satu penyebab jantung berdebar dan badan gemetar adalah rendahnya tingkat gula darah atau disebut juga dengan hipoglikemia. Hipoglikemia yang tidak diobati dapat menyebabkan kejang dan kehilangan kesadaran. Untuk mengatasi hal ini kamu perlu meningkatkan gula darah dengan cara selalu siap sedia setidaknya lima sampai enam buah permen, beberapa sendok gula atau segelas air gula, atau satu sendok makan madu.

4. Mengurangi konsumsi kafein

Kafein juga bisa jadi salah satu penyebab jantung berdebar dan badan gemetar. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini kamu bisa mencoba mengurangi mengonsumsi minuman berkafein tinggi seperti kopi atau teh.

Itu dia beberapa penyebab jantung berdebar dan badan gemetar serta cara mengatasinya. Sebaiknya segera periksakan ke dokter agar segera tertangani sebelum semakin parah.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading