Sukses

Health

5 Tips Mencegah Mual Saat Hamil, Janin dan Ibu Makin Sehat

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi setiap perempuan. Meski begitu, ada saat momen kehamilan menjadi momen yang cukup menguras tenaga dan pikiran apalagi jika saat hamil kamu sering mengalami mual, muntah dan morning sickness serta sejenisnya. 

Mengutip dari laman theasianparent.com, mual dan muntah saat hamil adalah hal yang wajar. Namun, mual dan muntah ini akan cukup berbahaya buat kesehatan janin dan ibu jika terjadi terus menerus dan membuat ibu tidak mau makan serta minum. Untuk mencegah dan mengatasi mual saat hamil sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Dan beberapa hal tersebut antaranya sebagai berikut:

Minum Jahe Hangat

Atasi dan cegah mual selama hamil dengan minum jahe hangat. Jahe hangat akan menstabilkan sistem pencernaan dan mengurangi risiko mual selama hamil. Aroma harum dari jahe juga akan membuat suasana hati semakin baik dan mencegah mual. Namun ingat, saat konsumsi teh jahe ini sebaiknya sesuai dengan saran bidan atau dokter agar tidak memiliki efek buruk buat kesehatan serta keselamatan janin.

Makan dalam Porsi Kecil

Usahakan untuk makan dengan porsi kecil. Ini akan membantumu menutrisi tubuh dengan lebih baik dan mencegah risiko mual serta muntah. Usahakan untuk makan dengan porsi kecil namun sering agar nutrisi yang masuk ke tubuh maksimal setiap harinya.

Hindari Segala Makanan atau Minuman yang Menyebabkan Mual

Pastikan untuk menghindari segala makanan dan minuuman yang menyebabkan mual. Biasanya, makanan yang menyebabkan mual adalah makanan yang terlalu manis, menyengat atau asam. Sebaiknya hindari makanan ini. 

Hindari Kopi dan Creamer

Hindari mengonsumsi kopi dan creamer selama hamil. Selain menyebabkan mual, makanan ini juga tidak cukup baik untuk kesehatan janin. Kalau pun ingin konsumsi kopi, usahakan untuk konsumsi sedikit saja sebagai obat rasa ingin atau ngidam saja.

Hindari Makanan dengan Lemak Tinggi

Selain makanan yang berbau menyengat, asam dan manis, makanan yang tinggi lemak juga menyebabkan mual. Sebaiknya hindari makanan ini. Makanan berlemak rentan menyebabkan eneg dan mual saat hamil. 

Itulah beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi mual saat hamil. Selain tips di atas, tips lain untuk mengatasi mual adalah dengan miliki istirahat cukup, gunakan pakaian yang nyaman, kelola stres dengan baik, konsumsi camilan yang segar seperti buah atau gurih seperti keripik dan konsumsi obat mual sesuai anjuran dokter atau bidan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading